Selamat Tinggal Macet! Auto Gate System Jamin Kelancaran Akses Kendaraan di Pelabuhan Boom Baru

Selamat Tinggal Macet! Auto Gate System Jamin Kelancaran Akses Kendaraan di Pelabuhan Boom Baru

Auto Gate System Jamin Kelancaran Akses Kendaraan di Pelabuhan Boom Baru.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dua tahun setelah Merger, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang (Pelindo Regional 2 Palembang) secara bertahap melakukan standarisasi operasi dan digitalisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepelabuhanan, salah satunya dengan menerapkan sistem Gerbang Otomatis (Auto Gate System) di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Implementasi sistem Gerbang Otomatis (Auto Gate System) di Pelabuhan Boom Baru Palembang merupakan langkah strategis Pelindo Regional 2 Palembang dalam mewujudkan visi pelabuhan yang modern, efisien, dan berdaya saing.

Auto Gate System adalah fasilitas di pelabuhan yang menggunakan sistem otomasi untuk memantau dan mengendalikan akses masuk dan keluar dari area pelabuhan.

Sistem ini bertujuan untuk membatasi dan mengurangi akses pihak-pihak yang tidak berkepentingan di dalam pelabuhan, sehingga arus kendaraan yang masuk dan keluar dari Pelabuhan Boom Baru dapat lebih lancar.

BACA JUGA:Optimis Menang di Pilwako Palembang, Bakal Calon Wawako Baharuddin Ngaku Sudah Siapkan Strategi Khusus

BACA JUGA:Suzuki Perkenalkan Mobil Ramah Lingkungan di GIIAS 2024, Siap Bikin Heboh!

Selain itu, sistem ini juga bertujuan untuk mensterilisasi pelabuhan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa serta masyarakat umum yang menggunakan fasilitas yang dikelola oleh Pelindo. 

Dengan adanya Auto Gate System, proses pengawasan dan pengendalian akses di pelabuhan menjadi lebih efisien dan efektif, mendukung kelancaran operasional serta meningkatkan keamanan di area pelabuhan.

Pelindo Regional 2 Palembang telah menerapkan Auto Gate System untuk Truk Kontainer di Gate In / Gate Out Terminal Petikemas sejak tahun 2016. Sistem ini telah mengalami beberapa kali penyempurnaan terkait implementasi Single Truck Identification Data.

Kemudian, pada tahun 2023, Auto Gate System juga diterapkan untuk Truk Trailer / Muatan Barang di Gate In / Gate Out Terminal Non Petikemas. Selanjutnya, pada tahun 2024, akan dilakukan penerapan Auto Gate System untuk akses keluar masuk kendaraan antar jemput penumpang dan kegiatan perkantoran di area perkantoran Pelabuhan Boom Baru Palembang.

BACA JUGA:BPOM Palembang Ambil Sampel Kandungan Permen Semprot yang Diduga Penyebab 5 Siswa SD Keracunan

BACA JUGA:Tumbuh Positif! APBN Wilayah Sumsel Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Pelindo Regional 2 Palembang untuk terus meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional di pelabuhan melalui teknologi otomasi, memberikan manfaat bagi semua pengguna jasa dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar pelabuhan.

Nantinya dengan Auto Gate System, pengguna jasa dan masyarakat umum dapat menggunakan kartu elektronik untuk masuk ke Pelabuhan Boom Baru seperti e-Money, Brizzi. Tap Cash, Flazz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: