Menangkal Radikalisme: BNPT dan UNISNU Jepara Bersinergi Membangun Generasi Muda Cinta NKRI

Menangkal Radikalisme: BNPT dan UNISNU Jepara Bersinergi Membangun Generasi Muda Cinta NKRI

BNPT menggelar seminar Kampus Kebangsaan berjudul "Pelibatan Anak Muda dalam Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme" di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, Senin 1 Juli 2024.--

JEPARA, SUMEKS.CO – Isu radikalisme dan terorisme kini menjadi perhatian serius Badan Nasional Penanggulangan terorisme (BNPT) Republik Indonesia.

Dalam upaya menanggulangi ancaman tersebut, BNPT menggelar seminar Kampus Kebangsaan berjudul "Pelibatan Anak Muda dalam Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme" di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, Senin 1 Juli 2024.

Seminar ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi, mahasiswa, hingga tokoh masyarakat setempat.

Dengan latar belakang keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia, seminar ini bertujuan untuk mengajak peserta untuk berpikir kritis dan reflektif terhadap isu-isu radikal terorisme, serta memahami dampak negatif yang ditimbulkannya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:Pengendara Motor Diduga Dikejar Warga, Kabur dan Menabrak Pagar, 1 Tewas, 1 Patah Kaki

BACA JUGA:Tanggal Merah Awal Juli 2024 Bertepatan dengan 1 Muharram, Ada Sejarah Penting Bagi Umat Islam, Apa Itu?

Direktur Pencegahan Prof. Dr. Irfan Idris, M.A., dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Generasi muda, dengan segala potensi dan semangatnya, memiliki kapasitas untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat. Kaum muda adalah motor penggerak yang dapat menyebarkan pesan-pesan perdamaian dan menolak ideologi radikal terorisme di Indonesia,” ujarnya.

Prof. Irfan melanjutkan anak muda adalah sasaran empuk bagi kelompok teroris karena mereka dianggap lebih mudah terpengaruh dan direkrut.

"Anak muda memiliki potensi besar untuk dijadikan agen perubahan, namun sayangnya potensi ini juga bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," lanjut Prof. Irfan.

BACA JUGA:Pulang Ke Tanah Air, 449 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Kloter 7 Tiba di Asrama Haji

BACA JUGA:Soal Pungutan Uang Kepada Wali Murid, Ini Pernyataan Tegas DPRD Kepada Disdik Banyuasin

Salah satu upaya yang dilakukan BNPT adalah melalui program edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah, kampus, dan komunitas pemuda.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya radikal terorisme serta cara mencegahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: