Antisipasi Karhutla, Patroli Terpadu di Kabupaten OKI Mulai Dilaksanakan

Antisipasi Karhutla, Patroli Terpadu di Kabupaten OKI  Mulai Dilaksanakan

Antisipasi karhutla patroli terpadu di Kabupaten OKI mulai dilaksanakan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pada Juni 2024 ini telah memasuki musim kemarau meskipun masih ada turun hujan. Sehingga guna pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2024 ini.

Yakni membuat Manggala Agni Daops Sumatera XVII OKI melaksanakan patroli terpadu dalam upaya pencegahan karhutla tahun ini. 

Disampaikan Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII OKI, Edi Satriawan SP, untuk pelaksanaan patroli terpadu telah dimulai sejak beberapa hari yang lalu. Yakni di wilayah yang merupakan rawan terjadinya karhutla. 

"Kalau untuk patroli terpadu ini telah dimulai sejak beberapa hari yang lalu. Dimana patroli terpadu ini adalah gabungan personilnya," ujar Edi, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO, Sabtu 22 Juni 2024.

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir Instruksikan Jajaran untuk Waspada Karhutla Jelang Musim Kemarau

BACA JUGA:Siaga Darurat Karhutlabun, Pemkab Banyuasin Segera Lakukan Mitigasi dan Antisiasi

Edi menjelaskan, seperti kemarin patroli terpadu dilaksanakan di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Lanjut dia, untuk pelaksanaan patroli terpadu ini memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya memasuki musim kemarau. Dimana dalam patroli terpadu ini adalah wujud sinergitas pemerintah pusat di tingkat bawah. 

Karena itu dalam rangka optimalisasi upaya pencegahan Karhutla tahun 2024 ini. 

"Patroli terpadu tahun ini dengan sasaran beberapa kecamatan di Kabupaten OKI. Nanti juga adanya patroli mandiri yaitu merupakan personel Manggala Agni," jelasnya. 

BACA JUGA:Cegah Karhutla di Kabupaten OKI, Gelar Rakor Kesiapan Pencegahan dan Penanggulangan

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Hadiri Rakorsus Antisipasi Karhutla Bersama Sejumlah Menteri

Ditegaskan Edi, untuk patroli terpadu ini personel yang dilibatkan 1 tim yang terdiri 2 personil Manggala Agni, 1 personil TNI, 1 personel Polri dan 1 personel Masyarakat Peduli Api (MPA). 

Sambungnya, tim inilah nantinya yang melakukan patroli terpadu di desa sasaran yang merupakan rawan Karhutla. Tetapi juga patroli di desa-desa sekitarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: