Aliran Listrik Padam, Kapolda Rachmad Datangi PLN Unit Induk Distribusi Sumsel

Aliran Listrik Padam, Kapolda Rachmad Datangi PLN Unit Induk Distribusi Sumsel

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengecek langsung dan melakukan koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Padamnya aliran listrik di wilayah Sumatera bagian selatan (Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Babel) yang berdampak pada pengurangan penyaluran tenaga listrik ke Provinsi lainnya di Sumatera.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengecek langsung dan melakukan koordinasi dengan GM PLN  Unit Induk Distribusi (UID) Sumsel terkait padamnya aliran listrik di PLN Jakabaring.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH MSi menyampaikan Pada pukul 11.00 WIB, terputusnya aliran listrik di wilayah Sumatera bagian selatan masih dalam upaya pemulihan oleh pihak PLN. 

Hal ini terjadi saat perawatan jaringan transmisi tegangan tinggi 275 KV Lubuklinggau-Lahat dilakukan oleh petugas PLN Unit Pelaksana Transmisi Bengkulu. 

BACA JUGA:Byar Pet Dampak Pemadaman Listrik Serentak, Warganet Keluarkan Kalimat 'Sakti

BACA JUGA:Listrik di Ogan Ilir Kembali Padam, PLN Indralaya Ungkap Penyebabnya

"Diduga, gangguan pada ruas lainnya menyebabkan jalur tersebut terputus total, yang merupakan tulang punggung sistem kelistrikan Sumatera," ucapnya. 

Menurut Suparlan Akibat pemutusan jalur tersebut, PLTU di wilayah tersebut secara otomatis melakukan proteksi, menghentikan produksi listrik. 


Kapolda Sumsel mengecek langsung dan melakukan koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel terkait padamnya aliran listrik di PLN Jakabaring.-Foto: dokumen/sumeks.co-

Saat ini, satu ruas jalur transmisi sudah aktif, dan seluruh PLTU telah memulai proses pemulihan dengan memanaskan air untuk menggerakkan turbin, yang memerlukan waktu sekitar 8 jam.

Pusat Pengaturan dan Penyaluran Beban Sumatera (P3BS) di Riau akan bertahap mengalirkan listrik untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan, menghindari lonjakan tegangan yang dapat memicu proteksi otomatis. 

BACA JUGA:Listrik di Kawasan Plaju Ujung Hingga Kini Masih Padam, Warga Resah Minta PLN Fokus Atasi Masalah!

BACA JUGA:6,5 Jam Padam, Listrik di Ogan Ilir Akhirnya Menyala, PLN Minta Maaf

Diberitakan sebelumnya, Listrik di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan, mengalami pemadaman listrik serentak sekitar pukul 11.03 WIB, Selasa, 4 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: