Pengamat Pendidikan Soroti Kegiatan Wisata Sekolah Berkedok Study Tour

Pengamat Pendidikan Soroti Kegiatan Wisata Sekolah Berkedok Study Tour

Pengamat Pendidikan Soroti Kegiatan Wisata Sekolah Berkedok Study Tour--

SUMEKS.CO - Tidak hanya dari kalangan warganet, gelombang protes terhadap kegiatan study tour murid sekolah yang saat ini banyak menyimpang juga datang dari pengamat pendidikan.

Diantaranya datang dari seorang pengamat pendidikan bernama Cecep Darmawan, yang menyayangkan pelaksanaan kegiatan study tour yang telah banyak menyimpang.

Hal itu adalah buntut dari seringnya musibah kecelakaan yang tejadi, terutama kecelakaan maut merenggut nyawa 11 siswa SMK Lingga Kencana Depok yang terjadi baru-baru ini. 

Dikutip dari berbagai sumber informasi Senin 13 Mei 2024, Cecep Dermawan pengamat pendidikan mengatakan tujuan dari kegiatan study tour saat ini bukan bertujuan akademik melainkan didominasi kegiatan wisata.

BACA JUGA:Pasca Tragedi Kecelakaan Bus Study Tour Maut, Kini Gerakan Hapus Study Tour Ramai Diperbincangkan

BACA JUGA:Live Saat Kecelakaan Bus, Siswa SMK Lingga Kencana Ini Jawab Pertanyaan Kok Tiba-tiba Bisa Pindah ke Warung

Ia menilai, sejatinya study tour tetap penting untuk dilakukan namun tetap harus ada aspek-aspek lainnya yang harus dilakukan oleh pihak sekolah selaku penyelenggara kegiatan.

"Ya kalau makna study tour itu dianggap wisata itu yang salah, kalau itu seharusnya tidak wajib atau hanya bersifat opsional saja," ucap Cecep Dermawan.

Selain itu, lanjut Cecep dalam kegiatan study tour tidak ada unsur paksaan dan tidak boleh ada kaitannya dengan nilai akademik ataupun jasa.

Menurut Cecep, kalau study tour bertujuan untuk wisata itu hanyalah opsional dan itupun harus tetap ada pengawasan sesuai dengan SOP, ada ijin dari orang tua murid.

BACA JUGA:Siswa Lingga Kencana Live Saat Kecelakaan, Tiba-tiba Sudah Diluar Bus, Netizen Heran Kok Begitu Tenang?

BACA JUGA:Mencekam! Detik-detik Kecelakaan Bus Pariwisata di Turunan Ciater Subang, Warga Dengar Pekikan Takbir!

"Serta bagaimana perijinan ketempat-tempat wisatanya itu seperti apa seperti aman atau tidaknya tujuan tempat wisata itu dan tidak memberatkan itu tujuan wisata.

Tapi, lanjut Cecep sejatinya tujuan dari study tour itu ketempat objek isata tertentu yang berkaitan dengan pelajaran dilapangan yang sifatnya kokulikuler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: