Program PESIAR, Sebagai Upaya Memastikan Cakupan Kepesertaan Program JKN

Program PESIAR, Sebagai Upaya Memastikan Cakupan Kepesertaan Program JKN

Kegiatan sosialisasi Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) kepada 21 orang Agen PESIAR di lingkungan BPJS KC Palembang--

SUMEKS.COBPJS Kesehatan Cabang Palembang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR) kepada 21 orang Agen PESIAR yang telah ditunjuk oleh kepala desa atau kelurahan di Lingkungan BPJS Kesehatan KC Palembang 29 April 2024. 

PPS Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang , Juliansyah yang akrab di sapa Anca menyampaikan bahwa melalui program tersebut BPJS Kesehatan bersinergi dengan desa/kelurahan dan Agen PESIAR melakukan advokasi dan memastikan masyarakat yang belum terlindungi Program JKN untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya dalam program jaminan kesehatan sosial tersebut.

"Program ini dihadirkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini melibatkan perangkat daerah setempat guna mencapai target minimal 98% penduduk sebagai peserta JKN," kata Anca.

Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan bahwa Program PESIAR yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan merupakan suatu kegiatan pemasaran sosial terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan bekerja sama dengan pihak ketiga bernama Agen PESIAR.

BACA JUGA:Kurangi Antrean Panjang, BPJS Kesehatan Pantau Sistem Online di RS Sumatera Selatan

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Pastikan Tetap Layani Peserta saat Libur Lebaran 2024

Agen PESIAR yang ditugaskan sesuai rekomendasi perangkat daerah setempat nantinya akan melakukan kegiatan sosialisasi, advokasi, edukasi, dan publikasi Program JKN kepada warga desanya.

Anca berharap dengan keberadaan Agen PESIAR tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan administrasi Program JKN.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala desa beserta perangkatnya atas dukungan aktif kepada Program JKN, khususnya Program PESIAR. Penunjukan Agen PESIAR tentunya akan sangat membantu kami dalam penyelenggaraan Program JKN ini. Untuk masyarakat, segeralah mendaftar menjadi peserta JKN ketika sehat, sehingga kalau sakit sudah tidak perlu mengeluarkan biaya pelayanan kesehatan. Saya berharap agar setiap masyarakat bisa saling bergotong royong membantu peserta JKN yang sakit,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Anca menekankan bahwa tujuan dari Agen Pesiar ini untuk memetakan dan menyisir masyarakat desa yang belum menjadi peserta JKN, mengadvokasi masyarakat desa tentang kepeseetaan JKN, dan memastikan masyarakt desa menjadi peserta JKN agar tercapai desa uhc dan desa sehat Sejahtera.

BACA JUGA:Terbaru, JKP dari BPJS Ketenagakerjaan, Program Jaminan Sosial bagi Peserta Putus Kerja

BACA JUGA:Per 1 Maret 2024, BPJS Kesehatan Jadi Syarat Penerbitan SKCK, Ini Ketentuannya!

Salah satu Agen PESIAR Danu Ismadi, mengucapkan selamat atas peluncuran Program PESIAR dan Penandatanganan Kerjasama PESIAR ini yang dilaksanakan di Palembang.

Sebagai agen, ia berkomitmen untuk mengemban amanah yang ditugaskan padanya demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Desa Durian Daun Kabupaten Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: