Joko Anwar: Lebih dari Sekadar Horor, Terselip Kritik Sosial Tajam dalam 10 karya Filmnya

Joko Anwar: Lebih dari Sekadar Horor, Terselip Kritik Sosial Tajam dalam 10 karya Filmnya

Joko Anwar: Lebih dari Sekadar Horor - Terselip Kritik Sosial Tajam dalam 10 karya Filmnya--

SUMEKS.COJoko Anwar, nama yang tak asing lagi bagi para penikmat film Indonesia bahkan mancanegara. Joko Anwar mengungkap dari 10 film karyanya tidak hanya menampilkan horor, namun terselip kritik sosial didalamnya. 

Salah satu ciri khasnya adalah semesta sinematik yang terjalin erat antar filmnya, menghadirkan jalinan cerita yang kompleks dan penuh makna tersembunyi.

Joko Anwar memulai debutnya dengan film "Janji Joni" (2005), menandai debut Joko Anwar di kursi sutradara, mengantarkannya sebagai salah satu sutradara paling cemerlang di Indonesia. 

Film ini tak hanya menghibur dengan komedi satirnya, tetapi juga membuka jalan bagi semesta sinematik kelam Joko Anwar yang mendunia.

BACA JUGA:5 Teori Konspirasi dalam Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar yang Tembus Jutaan Penonton

BACA JUGA:VIRAL! Joko Anwar Tolak Garap Film Hollywood, Alasannya Bikin Bangga

"Kala" (2007) dan "Modus Anomali" (2012) kemudian hadir, memperluas semesta dengan menjelajahi masa lalu para karakter dan eksperimen genre yang berani. 

Puncaknya, "Pengabdi Setan" (2017) dan "Pengabdi Setan 2: Communion" (2022) menjadi fenomena horor Indonesia, membawa teror keluarga yang dihantui arwah ibu mereka yang telah meninggal. 

Berlanjut hingga film ke 10 nya yaitu Siksa Kubur yang menyedot jutaan penonton di momen lebaran 2024.

Yuk simak jajaran 10 Film karya penulis sekaligus sineas bertalenta yang mencoba membangung “semestanya” melalui dunia perfilm an Indonesia.

BACA JUGA:Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar Rilis Trailer Mengerikan dan Mencekam, Catat Jadwal Tayangnya

BACA JUGA:Serial Nightmares and Daydreams Karya Joko Anwar Bakal Rilis di Netflix, Hadirkan Genre Sci-fi Supernatural

1. Janji Joni (2005): Awal Mula “Semesta” 

Film debut Joko Anwar ini menjadi fondasi awal semestanya. Bergenre komedi, "Janji Joni" memperkenalkan karakter Joni, seorang pengantar film dengan likaliku perjalanannya mengantarkan film dari satu bioskop ke bioskop lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: