Capaian Zakat Baznas Palembang Tahun 2024 Melampaui Target, Tembus Rp1,4 Miliar

Capaian Zakat Baznas Palembang Tahun 2024 Melampaui Target, Tembus Rp1,4 Miliar

Capaian Zakat Baznas Palembang Tahun 2024 Melampaui Target, Tembus Rp1,4 Miliar!--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Capaian Baznas Kota Palembang pada 1445 Hijriah/2024 melampaui target selama bulan Ramadan.

Baznas Palembang berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 1.405.881,749 pada tahun 2024.

Hal diungkapkan Ketua Baznas Kota Palembang Kgs M Ridwan Nawawi kepada SUMEKS.CO pada Senin 8 April 2024.

“Alhamdulillah pada tahun 2024 telah terkumpul zakat berjumlah Rp 1.405.881,749.Angka tersebut menunjukkan kenaikan signifikan dibandingkan tahun 2023 sebelumnya yang hanya sekitar Rp600 juta," ungkapnya.

BACA JUGA:Baznas Palembang Targetkan Rp1 Miliar Capaian Zakat Tahun ini

BACA JUGA:Baznas Palembang Targetkan Pembangunan Pasar dan Sekolah Syariah Tahun 2024, Ini Tujuannya

Oleh karena itu, Ridwan Nawawi mengucapkan rasa terima kasih kepada Pj Wali Kota Palembang beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Palembang atas kontribusi mereka dalam menyalurkan zakat mal dan zakat fitrah melalui lembaga resmi, yaitu Baznas Kota Palembang.

"Serta terima kasih untuk masyarakat Kota Palembang yang telah menyalurkan zakatnya. Kami akan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah yang dipercayakan kepada Baznas Kota Palembang kepada orang yang berhak," tutupnya.


Ridwan Nawawi mengucapkan rasa terima kasih kepada Pj Wali Kota Palembang beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Palembang atas kontribusi mereka dalam menyalurkan zakat mal dan zakat fitrah melalui lembaga resmi, yaitu Baznas Kota Palembang--

Sementara, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, M Syukri Soha menyampaikan sejak tahun 2021, mulai dari Wali Kota sebelumnya hingga Pj Wali Kota saat ini, telah memberikan instruksi kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palembang untuk menyalurkan zakat mal mereka melalui Baznas Kota Palembang.

 

“Syukurlah arahan tersebut telah diikuti oleh para Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Palembang," tuturnya.

BACA JUGA:Tahun Ini Baznas Palembang Dapat 80 Bantuan Rehab RTLH dari Pusat

BACA JUGA:Baznas Palembang Kembali Selesaikan Bedah Rumah Warga di Sukajaya dan Bantu Bayar Kontrakan

 

BAZNAS Kota Palembang mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Wali Kota Palembang serta seluruh kepala dinas, kepala badan, dan Camat yang telah mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkot Palembang untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS Kota Palembang.

 

"Zakat yang diterima di Palembang akan disalurkan di Palembang juga. Mari kita saling berbagi antar sesama, karena dalam rezeki yang kita peroleh terdapat sebagian rezeki dari saudara-saudara kita yang kurang mampu," tutupnya.

 

Diberitakan sebelumnya. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang menargetkan Rp1 miliar capaian zakat pada tahun 2024.

 

Mengenai capaian target Rp1 miliar capaian zakat pada 2024 itu diungkapkan Kepala Baznas Kota Palembang, Kiagus M Ridwan Nawawi kepada SUMEKS.CO pada Jumat 22 Februari 2024.

BACA JUGA:Baznas Palembang Evaluasi GSS, Dananya Lebih Diutamakan untuk Kebutuhan Masyarakat

BACA JUGA:Baznas Palembang Bagikan Paket Bahan Pokok dan Uang Tunai untuk 20 Balita Stunting di Kecamatan Jakabaring

 

"Pada tahun 2024 ini kita menargetkan capaian zakat Rp1 miliar untuk jumlah keseluruhannya," ungkapnya.

 

Dijelaskan Kiagus M Ridwan Nawawi bahwa target capaian zakat tahun ini berjumlah Rp1 miliar meningkat dari tahun sebelumnya 2023.

 

"Tahun 2023 target capaian zakat Rp800 juta. Namun capaian zakat tahun kemarin juga tidak tercapai Rp800 juta, hanya tercapai Rp600 juta," jelasnya.

 

Lanjut Kiagus M Ridwan Nawawi menuturkan, dengan meningkatkan capaian target zakat pada tahun ini berharap dapat memaksimalkan potensinya.

BACA JUGA:Gandeng BUMD-Rei Sumsel, Baznas Palembang Berikan Tanah dan Bangunkan Rumah untuk Warga Miskin

BACA JUGA: Baznas Palembang Ajukan Perbaikan 20 Rumah Tidak Layak Huni ke Baznas RI

 

"Walaupun tidak tercapai Rp1 miliar, namun semoga mendekati Rp1 miliar, paling tidak melebihi target 2023 tahun kemarin yaitu diatas Rp600 juta," tuturnya.

 

Untuk mencapai capaian target zakat Rp1 miliar tersebut, Ridwan Nawawi menyampaikan bahwa masyarakat dapat membayar zakat di berbagai tempat yang disediakan Baznas Kota Palembang.

 

"Masyarakat dapat datang keseluruh musala atau masjid di Palembang yang telah terdaftar resmi di Baznas Palembang, biasanya ada tandanyan di depan Musala atau Masjid. Kalau masjid-masjid besar di Kota Palembang sudah terdaftar semua, termasuk Masjid Agung, Taqwa, dan lain-lain," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: