PlayStation Portal Baru, Main Game PS5 dalam Genggaman

PlayStation Portal Baru, Main Game PS5 dalam Genggaman

PlayStation Portal, sebuah perangkat genggam untuk bermain game PS5.--

SUMEKS.CO - Sony beberapa bulan lalu telah sukses merilis apa yang dikenal sebagai project Q, atau secara resmi dinamakan PlayStation Portal. Sebuah perangkat genggam untuk bermain game PS5.

Ingat PSP? Nah, Sony telah melakukan hal yang serupa dengan PlayStation Portal baru, yang membawa pengalaman PS5 ke telapak tangan para gamer.

Pertama kali diisyaratkan pada bulan Mei  sebagai Project Q, Portal pada dasarnya adalah pengontrol  PS5, lengkap dengan touchpad dan umpan balik haptic, yang juga dilengkapi layar LCD 8 inci, 1080p tepat di tengahnya.

Sony memposisikan PlayStation Portal sebagai tiket para gamer untuk memainkan salah satu game PS5 dari jarak jauh atau saat bepergian.

BACA JUGA:Jam Tangan Casio JG-200 Super Cyber Cross Game yang Punya Inframerah dan Permainan Jadi Buruan Kolektor

BACA JUGA:Red Magic 7 Pro, Rekomendasi Perangkat Buat Gamer Casual yang Memadai

Dan perlu diketahui bahwa PlayStation Portal menjalankan 60 frame per detik dengan mulus, berkat keajaiban Wi-Fi.

PlayStation Portal adalah perangkat yang sempurna dan praktis untuk para gamer di rumah  yang mungkin perlu berbagi TV di ruang tamu atau sekadar ingin memainkan game PS5 di ruangan lain di rumah.

Keajaibannya di sini adalah pengguna dapat menghubungkan perangkat genggam ini secara nirkabel ke PS5 Anda melalui Wi-Fi, memungkinkan pengguna beralih dengan mulus antara bermain di PS5 dan Portal PlayStation tanpa ragu.

Pengontrol ini terlihat dan bertindak seperti pengontrol PS5 DualSense Sony dan dilengkapi pemicu adaptif dan umpan balik haptik, menghadirkan pengalaman bermain game yang mirip dengan menggunakan pengontrol DualSense khusus.

BACA JUGA:6 Smartphone Terbaik untuk Maen Game, Harga Mulai Rp2 Jutaan Per April, Boleh Dicoba?

BACA JUGA:ASUS ROG Phone 5 Ultimate: Kekuatan atau Kegilaan? Gak Ada Obat untuk Para Gamers!

Selain itu, PlayStation Portal tidak hanya untuk bermain game, ia juga menawarkan bagian layar beranda khusus yang dapat berfungsi untuk memutar media jadi dengan demikian kebutuhan hiburan gamer sangat terpenuhi.

Namun demikian, ada beberapa batasan pada apa yang bisa ditangani Portal, terutama pada jenis permainan tertentu.

Ambil contoh, game PS VR2 yang memerlukan headset, game tersebut tidak akan didukung. Hal yang sama berlaku untuk judul-judul yang dialirkan melalui streaming cloud PlayStation Plus Premium.

Dan sebagai tambahan, itu tidak akan disinkronkan dengan streaming cloud Sony yang akan datang untuk game PS5.

BACA JUGA:Nokia 2660 Kembali dengan Game Snake, Cocok untuk Detoksifikasi Digital dan Bernostalgia

BACA JUGA:Jam Tangan Vintage Casio JG-100: Bermain Video Game dan Walkie Talkie di Pergelangan Tangan

Singkatnya, Sony mengatakan, “Game yang harus dialirkan di PS5 menggunakan keanggotaan PS Plus Premium tidak kompatibel.” Jadi, pada dasarnya, PlayStation Portal berfungsi sebagai sarana untuk melakukan streaming judul PS5 yang sudah pengguna instal dari konsol ke perangkat genggam untuk dimainkan jarak jauh.

Karena permainan tidak dapat dijalankan secara lokal, koneksi internet yang kuat dan berkecepatan tinggi adalah suatu keharusan, dengan setidaknya 5Mbps sebagai persyaratan minimum.

Namun Sony merekomendasikan untuk menargetkan 15Mbps untuk memastikan pengalaman terbaik.

BACA JUGA:Hape Xiaomi Layar 2K: Bermain Game dan Streaming Video Semakin Asyik, Mana Pilihanmu?

BACA JUGA:Inilah 5 Konsol Game Terbaik Dengan Harga Terjangkau, Intip Spesifikasinya

Dalam hal konektivitas, gamer memiliki Wi-Fi, dan  PlayStation Portal juga dilengkapi jack audio 3,5 mm.

Namun, ini tidak mendukung Bluetooth, jadi pengguna tidak akan dapat menggunakan headphone nirkabel atau headset Pulse 3D Sony dengannya.

Sebaliknya, Sony telah memperkenalkan teknologi nirkabel baru yang disebut PlayStation Link, yang menjanjikan “latensi rendah, audio lossless, dan peralihan yang mudah antara beberapa host PlayStation Link seperti PS5 dengan adaptor USB dan Portal PlayStation.”

Selain Portal, Sony meluncurkan dua aksesori audio baru: Pulse Elite dan Pulse Explore. Ini adalah bagian dari jajaran headset dan earbud nirkabel PlayStation, yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan performa audio tingkat atas sambil memanfaatkan teknologi PlayStation Link.

BACA JUGA:Inilah 7 Game Seru Cocok untuk Ngabuburit, Dijamin Menghibur dan Mengasyikan!

BACA JUGA:WOW! ASUS ROG Zephyrus G16 Siap Melibas Semua Game Berat, Laptop Gaming Paling Tipis!

Pulse Elite adalah headset nirkabel yang menghadirkan audio lossless dan dilengkapi dengan mikrofon boom yang dapat ditarik dengan fitur penolakan kebisingan yang ditingkatkan AI, yang secara efektif menyaring kebisingan di sekitar.

PlayStation Portal saat ini dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp4 jutaan, jadi jika para gamer ingin sebuah perangkat yang bisa dimainkan dimana saja untuk bermain game PS5, maka PlayStation Portal ini sangat direkomendasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: