Samsung Galaxy A14 5G Dibandrol Rp2 Jutaan Tapi Tidak Murahan, Ini Fitur dan Spesifikasinya!

Samsung Galaxy A14 5G Dibandrol Rp2 Jutaan Tapi Tidak Murahan, Ini Fitur dan Spesifikasinya!

Samsung Galaxy A14 5G, hape yang dibandrol seharga Rp2 jutaan namun tidak murahan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Samsung Galaxy A14 5G dibandrol seharga Rp2 jutaan, tapi tidak murahan, karena didukung fitur dan spesifikasi yang mumpuni. 

Samsung Galaxy A14 5G, diantaranya sudah disematkan fitur NFC untuk pembayaran nirsentuh dan juga didukung jaringan 5G.

Lebih penting lagi, Samsung menyediakan pembaruan perangkat lunak selama dua tahun bersama dengan pembaruan keamanan selama lima tahun untuk series A14.

Berikut penjelasan lengkap tentang fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G, yang hanya dibandrol Rp2 jutaan: 

BACA JUGA:Rekomendasi HP Samsung Harga Rp2 Jutaan Terbaik dengan Chipset Mantap dan Ramah Anggaran

BACA JUGA:Smartphone Lipat Find N3 dari OPPO, Berani Senggol Tipis-tipis Samsung Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy A14 5G ini memiliki fasilitas yang biasanya hanya ditemukan di ponsel dengan harga lebih mahal.

Misalnya, Samsung Galaxy A14 5G dapat digunakan untuk membeli sarapan online sambil menjelajahi web sekaligus mendengarkan musik selama perjalanan.

Pengguna juga dapat menggunakan kamera ponsel yang lebih andal untuk perjalanan seharian, berkat dukungan baterai 5.000 mAh. Namun demikian, tidak berarti HP ini bebas masalah.

Galaxy A14 mengambil jalan pintas dengan desain yang cukup membosankan dan prosesor yang lebih lambat dan terkadang membuat pengguna menunggu aplikasi dimuat.

BACA JUGA:Harga Samsung Galaxy A33 5G Turun Drastis, Penyebabnya Kalah Saing dengan Produk Sendiri? Kurang Canggihkah?

BACA JUGA:Kalahkan iPhone 15 Pro Max & Samsung S23 Ultra, Ini Merk Hp Android Kamera Paling Jernih di Dunia Setara DSLR

Jika mencari HP yang dapat menangani sebagian besar tugas sehari-hari, A14 bisa menjadi pilihan yang tepat selama tidak mendambakan kecepatan.

Samsung Galaxy A14 5G hadir dalam satu warna, hitam, dan memiliki bodi plastik reflektif. Terasa agak tebal di tangan, dengan bagian belakang terlihat kotak-kotak tanpa tepi membulat.

Di sudut kiri atas terdapat tiga kamera: kamera utama 50 megapiksel, kamera kedalaman 2 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel.

Sementara bagian depan untuk selfie terdapat notch berbentuk tetesan air mata untuk kamera depan 13 megapiksel.

BACA JUGA:Tantang Samsung dan iPhone, Sony Keluarkan Smartphone Sony Xperia 5 IV, Cek Spesifikasinya!

BACA JUGA:Samsung Galaxy A35 5G Segera Rilis, Hape Galaxy A33 5G Diskon Gede, Kini Hanya Rp3 Jutaan!

Selain resolusi 1.080p, layar 6,6 inci memiliki kecepatan refresh 90Hz, Moto G Stylus ini berjalan pada 90Hz yang konsisten.

Samsung Galaxy A14 ini memiliki mode "adaptif" yang menyesuaikan hingga 90Hz saat menggulir teks dan animasi sambil menggeser antar aplikasi.

Maka jangan heran apabila pengguna merasakan efeknya akan terasa halus, terutama saat sedang membaca artikel atau bermain game.

Namun terdapat kekurangan lain, yaitu HP Samsung Galaxy A14 5G ini ketika memutar audio melalui speaker tunggalnya, cukup mudah sekali terblokir secara tidak sengaja ketika pengguna memegang HP secara horizontal untuk menonton video.

BACA JUGA:Hape Samsung Galaxy M51 Banting Harga: Baterai 7.000 mAh dan Performa Kelas Atas!

BACA JUGA:Serupa Belum Tentu Sama, Ini 5 Perbedaan Samsung Galaxy A55 5G vs Galaxy A25 5G, Cuss Beli!

Hal ini penting karena jajaran ponsel anggaran Motorola saat ini menyertakan speaker stereo di seluruh ponsel Moto G-nya, walaupun Galaxy A14 menyertakan jack headphone sebagai opsi untuk audio stereo.

Meskipun penyimpanan internal 64GB pada ponsel Samsung seharusnya cukup untuk Pengguna namun HP ini mendapatkan opsi untuk memperluas penyimpanan hingga 1TB menggunakan slot kartu microSD ponsel.

Dalam pengujian benchmark, skor Geekbench Galaxy A14 5G lebih unggul dari Moto G Stylus, namun tentunya tidak terasa seperti itu dalam penggunaan di dunia nyata.

Prosesor Mediatek Dimensity 700 pada HP ini lamban, Pengguna mungkin akan sering memperhatikan A14 memerlukan kecepatan ekstra untuk membuka kuncinya sendiri ketika ingin membuka aplikasi lain.

BACA JUGA:Duel Panas Vivo V30 5G vs Samsung Galaxy A55 5G, Mana yang Terbaik Dimiliki?

BACA JUGA:Menyambut Ramadan Bersama Samsung Galaxy A15 5G: Ngonten Vlog Religi dan Berpahala!

Kecepatannya pun sedikit pelan ketika Pengguna ingin mengetuk kotak teks untuk meluncurkan keyboard, dan ketika berpindah antar aplikasi.

Namun demikian, pembaruan perangkat lunak tentu saja dapat memperbaikinya pada waktunya, dan kinerjanya saat ini baik-baik saja untuk penggunaan biasa.

Tapi juga perlu untuk diketahui bahwa HP ini bukanlah HP yang dapat menangani banyak dokumen produktivitas atau aplikasi yang lebih menuntut grafis.

Namun penyertaan NFC pada Galaxy A14 cukup berarti, memberikan kompatibilitas penuh dengan Google Wallet untuk pembayaran nirsentuh.

BACA JUGA:Sama-sama Menggunakan Layar Super AMOLED, Lantas Apa Kelebihan Hape Samsung Galaxy A55 5G?

BACA JUGA:Samsung Galaxy Z Flip 5 Was-was dengan Oppo Find N3 Flip, Hape Lipat Ini Saing-saingan Harga?

Tentu saja untuk saat ini HP diharga ini jarang menemukan NFC untuk pembayaran nirsentuh di ponsel dengan harga di kisaran Rp2 jutaan, meskipun NFC diterima di mana saja mulai dari sistem transit hingga toko serba ada.

Menarik untuk mengikuti bahwa mungkin nanti akan tercipta tren dan semua orang akhirnya akan mulai melihat NFC menjadi fitur di setiap ponsel, berapa pun biayanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: