Menara Masjid Ar Rohmah Simbol Keagamaan yang Kokoh Sejak 1974

Menara Masjid Ar Rohmah Simbol Keagamaan yang Kokoh Sejak 1974

Masjid Ar Rohmah Kelurahan Paku, Kecamatan Kayuagung OKI yang dibangun tahun 1974 tetap kokoh dan indah. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Keberadaan Masjid Ar Rohmah di Kelurahan Paku Lingkungan II, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memang sangat penting bagi masyarakat. 

Masjid Ar Rohmah tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat menuntut ilmu agama bagi anak-anak dan orang dewasa. Hal ini menunjukkan peran penting masjid dalam pendidikan agama di masyarakat.

Masjid Ar Rohmah yang terletak di pinggir jalan dan seberangan dengan Sungai Komering memang sudah lama berdiri. 

Berdiri sejak tahun 1974, Masjid Ar Rohmah telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di sekitarnya selama hampir 50 tahun.

BACA JUGA:Buntut Aksi Premanisme DC, Puluhan Karangan Bunga Berjejer di Mapolda Sumsel Hingga Modus Diungkap Netizen

BACA JUGA:Persentase Dokumen Kependudukan Warga di Palembang Tergolong Rendah, Ratu Dewa Imbau Segera Urus

Keberadaannya sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Disampaikan pengurus Masjid Ar Rohmah, Sunarto, sejarah awal Masjid Ar Rohmah yang didirikan pada tahun 1974 oleh Sulaiman, seorang perantau asal Kayuagung yang bermukim di Mekkah. Dedikasi dan kedermawanan beliau dalam membangun masjid di kampung halamannya patut diapresiasi. 

"Dedikasi dan kemurahan hati Bapak Sulaiman dalam membangun Masjid Ar Rohmah patut diacungi jempol. Berkat dana beliau, masjid ini dapat berdiri dan menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi masyarakat Kayuagung," ujarnya, saat dibincangi, SUMEKS.CO, Selasa 26 Maret 2024.

Diceritakan Sunarto, awalnya, atap Masjid Ar Rohmah terbuat dari genteng biasa. Namun, setelah dilakukan renovasi, atapnya diganti dengan cor beton yang lebih kuat dan tahan lama. 

BACA JUGA:Malam Lailatul Qadar Langit Dipenuhi Jutaan Malaikat, Ini yang Dilakukan Malaikat Jibril Saat Turun ke Bumi

BACA JUGA: Harga Emas Batangan Antam Naik Rp10.000, Berikut Cara Beli Secara Online!

"Desain Masjid Ar Rohmah terinspirasi dari bangunan di Mekkah. Hal ini menunjukkan keinginan para pendirinya untuk membangun masjid yang tidak hanya indah dan megah, tetapi juga memiliki nuansa religius yang kuat seperti di Tanah Suci," ucapnya. 

Lanjutnya, Kapasitas Masjid Ar Rohmah yang mampu menampung 500 jamaah menunjukkan besarnya minat masyarakat untuk beribadah di sana. Hal ini menunjukkan peran penting masjid dalam kehidupan masyarakat Kayuagung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: