Jangan Terlewatkan, Simak 8 Tips Ampuh Renovasi Rumah Jelang Lebaran Idulfitri

Jangan Terlewatkan, Simak 8 Tips Ampuh Renovasi Rumah Jelang Lebaran Idulfitri

8 Tips Ampuh Renovasi Rumah Jelang Lebaran Idulfitri--

SUMEKS.CO - Menjelang perayaan lebaran Idulfitri banyak orang sibuk mempersiapkan segala sesuatu, termasuk renovasi rumah.

Renovasi rumah menjadi salah satu yang penting. Meskipun terdengar kontra-intuitif untuk memulai renovasi menjelang lebaran Idulfitri.

Menjelang lebaran Idulfitri banyak dari kita merencanakan untuk memperindah rumah agar lebih nyaman dan menyambut tamu dengan hangat.

Renovasi rumah jelang Lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk memberikan sentuhan segar pada hunian.

BACA JUGA:Korupsi Rp299 Juta untuk Renovasi Rumah, Oknum Petugas Penagihan Listrik Dihukum 1 Tahun 6 Bulan Penjara

BACA JUGA:Berikut 8 Ide Renovasi Rumah Type 36, Lahan Terbatas Disulap Jadi Lebih Berkelas

Dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang cermat, renovasi rumah jelang Lebaran dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu dalam proses renovasi rumah jelang Lebaran Idulfitri :

1. Rencanakan dengan Matang

Mulailah dengan membuat rencana renovasi yang matang. Tentukan ruangan mana yang perlu diperbaiki atau diperindah, dan buatlah daftar prioritas untuk mengatur anggaran dan waktu renovasi dengan lebih efisien.


Menentukan desain menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat renovasi rumah--

2. Pilih Waktu yang Tepat

Renovasi rumah membutuhkan waktu dan tenaga, oleh karena itu pilihlah waktu yang tepat untuk memulainya. Usahakan untuk memulai renovasi beberapa minggu sebelum Lebaran agar memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa terburu-buru.

BACA JUGA:Kotoran Dilantai Sisa Renovasi Rumah Bikin Jengkel! Simak 7 Tips Berikut Ini, Dijamin Lantai Kembali Kinclong

BACA JUGA:Jangan Sembarang! Sebelum Renovasi Rumah Subsidi Harus Ikuti 4 Syarat Ini, Nomor 3 Paling Banyak Dilanggar

3. Anggarkan dengan Bijak

Tentukan anggaran renovasi yang sesuai dengan kemampuan finansial. Selalu sisihkan dana tambahan untuk keperluan yang tidak terduga agar tidak terjebak dalam masalah keuangan di tengah proses renovasi.

4. Fokus pada Area Utama

Jika waktu dan anggaran terbatas, fokuslah pada renovasi area-area utama yang paling sering digunakan, seperti ruang tamu, ruang makan, atau dapur. Sentuhan kecil pada area tersebut dapat memberikan perubahan yang besar pada keseluruhan atmosfer rumah.

5. Pilih Desain yang Praktis

Pilihlah desain dan material yang praktis dan mudah perawatannya. Hindari desain yang terlalu rumit atau material yang membutuhkan perawatan intensif, terutama jika memiliki jadwal yang padat menjelang Lebaran.

6. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk memudahkan proses renovasi. Gunakan aplikasi desain interior atau situs web untuk merencanakan layout ruangan dan memilih dekorasi yang sesuai dengan selera.

BACA JUGA:Program Sedekah Subuh Terkumpul Rp 151 Juta, Dana Untuk Renovasi Rumah Warga Miskin

BACA JUGA: 7 Jenis Bonsai yang Bisa Ciptakan Estetika Di Rumah

7. Prioritaskan Keamanan dan Kesehatan

Pastikan renovasi yang dilakukan aman dan sehat bagi penghuni rumah. Gunakan material yang ramah lingkungan dan pastikan ventilasi udara yang cukup selama proses renovasi untuk menghindari masalah kesehatan.

8. Sisihkan Waktu untuk Pembersihan

Setelah renovasi selesai, jangan lupa untuk membersihkan rumah secara menyeluruh sebelum Lebaran tiba. Bersihkan debu dan kotoran akibat renovasi agar rumah bersih dan nyaman saat menyambut tamu.

Adapun berikut beberapa alasan yang membuat waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki dan mempercantik rumah :

1. Momentum Perbaikan

Lebaran sering dianggap sebagai momen yang simbolis untuk memulai yang baru. Renovasi rumah menjelang Lebaran memberikan kesempatan untuk memperbaiki segala kekurangan yang mungkin ada dalam rumah.

BACA JUGA:Akses Tol Palembang-Betung Bisa Dilalui Pemudik H-5 Lebaran Idulfitri Tahun Ini

BACA JUGA:Senpi Rakitan Antarkan Widi Warga Muara Enim Berlebaran di Polsek Rambang Kapak Tengah

Dari perbaikan kecil seperti pengecatan ulang dinding hingga perbaikan besar seperti memperbaiki struktur bangunan, momen ini memberikan dorongan yang kuat untuk meningkatkan kualitas rumah.

2. Kesiapan untuk Menyambut Tamu

Lebaran adalah waktu di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan bersama. Renovasi rumah sebelum Lebaran dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan keramahan rumah untuk menyambut tamu.

Misalnya, perbaikan pada ruang tamu atau ruang makan dapat menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan bagi para tamu yang datang.

3. Waktu yang Tepat untuk Proses Renovasi

Renovasi rumah membutuhkan waktu, dan menjelang Lebaran seringkali memberikan jendela waktu yang cukup luas untuk menyelesaikan proyek renovasi.

BACA JUGA:Resep Puding Cokelat Kekinian, Sajian Istimewa untuk Lebaran

BACA JUGA:10 Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mudik Lebaran, Perjalanan Lebih Efisien dan Tidak Bikin Kantong Jebol!

Banyak orang memiliki cuti atau liburan menjelang dan selama Lebaran, yang berarti mereka memiliki lebih banyak waktu untuk mengawasi atau bahkan berpartisipasi dalam proses renovasi.

4. Pembaruan Spiritual dan Fisik

Lebaran tidak hanya merupakan perayaan secara spiritual, tetapi juga merupakan momen pembaharuan fisik. Sama seperti jiwa yang disucikan selama bulan Ramadan, renovasi rumah menjelang Lebaran dapat dianggap sebagai upaya untuk membersihkan dan memperbaharui rumah secara fisik.

Hal ini mencerminkan semangat perbaikan dan kesempurnaan yang menjadi bagian penting dari merayakan Lebaran.

5. Meningkatkan Nilai Properti

Renovasi rumah tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi pemilik rumah dalam bentuk kenyamanan dan kepuasan, tetapi juga dapat meningkatkan nilai properti secara keseluruhan.

BACA JUGA:Harga Terjun Bebas! Innova Diesel 2007 Kini Cuma Segini, Siap untuk Mudik Lebaran 2024

BACA JUGA:Ciwi-ciwi Merapat! Ini 5 Rekomendasi Tas Selempang Terbaru, Tampil Lebaran Makin Stylish dan Elegan

Dengan memperbaiki dan mempercantik rumah menjelang Lebaran, pemilik rumah dapat meningkatkan daya tarik rumah mereka di pasar properti, jika suatu saat nanti mereka memutuskan untuk menjualnya.

Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, menjelang Lebaran dapat menjadi waktu yang tepat untuk memulai proyek renovasi rumah.

Dengan momentum perbaikan, kesiapan untuk menyambut tamu, waktu yang cukup untuk proses renovasi, semangat pembaharuan spiritual dan fisik, serta peningkatan nilai properti, renovasi rumah menjelang Lebaran dapat menjadi keputusan yang bijak dan bermakna bagi pemilik rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: