Jelang Lebaran Bank Indonesia Sumsel Siapkan Lokasi Penukaran Uang, Catat Waktu dan Syaratnya

Jelang Lebaran Bank Indonesia Sumsel Siapkan Lokasi Penukaran Uang, Catat Waktu dan Syaratnya

Menjelang Lebaran Idulfitri tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan lokasi penukaran uang. Foto: dokumen/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang Lebaran Idulfitri tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan lokasi penukaran uang. 

Dalam hal ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sumsel melakukan kerja sama dari beberapa bank lokal di Sumsel untuk penukaran uang. 

Kepala Kantor Perwakilan BI di Sumatera Selatan, Ricky Perdana Gozali mengatakan bahwa penukaran uang menjelang lebaran melalui program Serambi Sambut Lebaran Idulfitri 2024.

Program Serambi Sambut Lebaran Idulfitri 2024 tersebut melibatkan penukaran uang, diadakan setiap tahun dan tersebar di seluruh provinsi. 

BACA JUGA: BNI Cabang Kayuagung Layani Penukaran Uang Baru Hari Selasa dan Kamis

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Cabang Kayuagung Mulai Layani Penukaran Uang Baru

Secara keseluruhan, ada 4.713 lokasi penukaran uang di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan perbankan nasional.

"Untuk Sumatera Selatan sendiri, terdapat 145 titik penukaran uang pecahan yang akan berlangsung mulai 15 Maret hingga 5 April 2024. Lokasinya tersebar di pusat-pusat keramaian, pusat perbelanjaan, toko ritel, jalan tol, dan loket stasiun kereta api," katanya. 


Paket penukaran layanan kas keliling BI Sumsel mulai dari pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.000 dengan nominal Rp1 juta. Foto: dokumen/sumeks.co --

Dijelaskan Ricky, Bank Indonesia Perwakilan Sumsel telah menyiapkan uang peredaran dengan pecahan nominal besar dan kecil untuk program Serambi 2024, yang mencakup Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri. 

"Tahun ini, ketersediaan uang kita meningkat 12 persen dari tahun 2023. Sebelumnya Rp 4,7 triliun, dalam arti kini naik menjadi Rp 5,3 triliun." jelasnya. 

BACA JUGA:17 Cara Penukaran Uang Pecahan Baru 2023, Cek Segera Biar tak Gagal Paham

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, BRI Layani Penukaran Uang Baru di 391 Kantor Cabang, Maksimal Rp 3.800.000

Lanjut Ricky menuturkan, dalam kerjasama penukaran uang, Bank Indonesia bermitra dengan beberapa bank himpunan milik negara (Himbara) serta bank daerah seperti Bank Sumsel Babel. Batas maksimal untuk penukaran uang pecahan nominal besar dan kecil adalah Rp4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: