5 Tips Mengurangi Sampah Makanan Saat Bulan Ramadan, Biar Tidak Mubazir!

5 Tips Mengurangi Sampah Makanan Saat Bulan Ramadan, Biar Tidak Mubazir!

--

SUMEKS.CO - Ada beberapa tips mengurangi sampah makanan saat berbuka puasa agar makanan tersebut tidak mubazir.

Bulan Ramadhan biasanya cenderung memiliki nafsu yang besar saat ingin berbuka puasa sehingga menyebabkan berlebihan makanan tak jarang sering kali menyebabkan sampah makanan sehingga mubazir. 

Sering kali membuang sisa makanan selama bulan suci ramadhan, hal ini karena tak sedikit orang yang kalap untuk membeli berbagai makanan dan minuman yang berlebihan. 

Berikut beberapa cara untuk mengurangi sampah di saat bulan Ramadhan, simak diantaranya :

1. Berbagi

Di bulan suci ramadhan ini sebagai umay muslim sangat dianjurkan untuk saling berbagi makanan hal ini agar mendapatkan pahala dari allah SWT. 

BACA JUGA:Wajib Diketahui! 10 Tips Menjaga Lisan agar Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan Tidak Ternoda

BACA JUGA:Moms Wajib Tahu! Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Agar Kuat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

Selain itu dengan berbagi juga dapat menyelamatkan makanan agar tidak mubadzir, hal ini jika membeli atau memasak lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh karena itu tidak salah nya jika ingin berbagi dengan tetangga, kerabat dekat, teman atau orang yang sangat membutuhkan. 

2. Jangan Belanja hanya karena nafsu

Biasanya saat puasa banyak sekali keinginan untuk membeli menu makanan hal ini karena mata Anda seringkali lebih lapar dari perut Anda, terutama saat perut Anda kosong. 

Oleh karena itu kamu dapat mensiati untuk belanja sesuai dengan kebutuhan yang benar benar diinginkan bukan hanya sekadar nafsu belaka. 


Makanan berbuka puasa.--

Hal ini dilakukan agar tidak berlebihan dalam membeli atau membuat menu buka atau sahur sehingga banyak tersisa dan menjadi sampah makanan saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: