Dinas Perkimtan Ogan Ilir Bedah 15 Unit Rumah Tidak Layak Huni

Dinas Perkimtan Ogan Ilir Bedah 15 Unit Rumah Tidak Layak Huni

Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, melakukan peletakan batu pertama untuk launching program bedah rumah tidak layak huni di Kabupaten Ogan Ilir. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sedikitnya 15 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Ogan Ilir, akan mendapat perbaikan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Ogan Ilir

Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Ogan Ilir, Elvis Rusdy, melalui Kepala Bidang Pemukiman, Erawati mengatakan, program bedah rumah untuk RTLH ini menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ogan Ilir. 

"Untuk anggarannya sebesar Rp 300 juta dari total keseluruhan 15 unit rumah," terangnya, Senin, 26 Februari 2024.

BACA JUGA:Gencarkan Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel, Pemprov Benahi 8.391 Unit Rumah

Menurut Erawati, masa pengerjaan program bedah rumah untuk RTLH di Kabupaten Ogan Ilir ini selama enam bulan. Program bedah rumah ini, bertepatan dengan HUT Provinsi Sumatera Selatan ke 78 tahun.

Khusus untuk Kabupaten Ogan Ilir, telah melaunching program bedah rumah tersebut di Kecamatan Tanjung Batu. Untuk peletakan batu pertamanya dipusatkan di Kelurahan Tanjung Batu Timur. 

"Peletakan batu pertama sudah dilakukan oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani," sebutnya.

BACA JUGA:Warga Tanjung Rancing Kayuagung Terima Bantuan Bedah Rumah dan Sanitasi

Ditambahkan Erawati, sampai saat ini pihak Dinas Perkimtan Kabupaten Ogan Ilir masih melakukan survei ke lokasi dari proposal yang diajukan oleh Kepala Desa atau Lurah untuk melihat apakah masuk kateria atau tidak.

"Karena kita mempunyai kriteria, yaitu, lantai masih tanah, dindingnya dari papan, atap rumahnya dari daun nipah dan berdomisili tetap serta harus tanah sendiri," paparnya. 

Erawati berharap, dengan adanya program bantuan bedah rumah tersebut dapat membantu masyarakat tidak mampu dan berpenghasilan rendah seperti para buruh dan meningkatkan kesejahteraan.

BACA JUGA:SERENTAK, Pj Gubernur Agus Fatoni Kian Matangkan Persiapan Launching Program Bedah Rumah di Sumsel

"Dan kegiatan ini juga merupakan program dari pemerintah pusat yang selaras dengan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar," tutupnya.

Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani menyampaikan, Pemkab Ogan Ilir dan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel menjalankan program bedah rumah secara serentak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: