Menyinari Desa-Desa Gelap di OKI, Mengajak Pemerintah dan PLN Bekerja Sama untuk Mewujudkan Listrik Desa

Menyinari Desa-Desa Gelap di OKI, Mengajak Pemerintah dan PLN Bekerja Sama untuk Mewujudkan Listrik Desa

Pj Bupati OKI Asmar Wijaya.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih memiliki 15 desa yang belum teraliri listrik.

Hal ini tentu menjadi sebuah ironi, mengingat OKI merupakan salah satu daerah penghasil energi terbesar di Sumatera Selatan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten OKI bersama PLN UP2K Sumatera Selatan berkomitmen agar seluruh desa di Kabupaten OKI dapat teraliri listrik.

Ini dilakukan berdasarkan data PLN, rasio elektrifikasi wilayah ini sudah mencapai 99.99 persen dan Rasio Desa Berlistik (RDB) sebanyak 95.45 persen.

BACA JUGA:Ricky Subagja Jabat Kabid Bindpres PP PBSI, Mampukah Tingkatkan Prestasi Atlet Bulutangkis Indonesia?

“Jadi ada 15 desa lagi yang belum teraliri listrik PLN di OKI namun mereka sudah menggunakan sumber penerangan lain seperti jenset,” terang Atikah Dwi Anggraini Manager PLN S2JB saat beraudiensi dengan Pj Bupati OKI, Rabu 21 Februari 2024.

Dia menyampaikan, ada beberapa tantangan yang dihadapi PLN untuk mengalirikan listrik di wilayah OKI antara lain wilayah perairan yang tidak memiliki akses jalan darat maupun jalur yang masuk Kawasan hutan produksi maupun lindung.

“Jelas ini juga menjadi tantangan terkait akses jalan kemudian kemudian soal perizinan karena banyak kawasan di OKI berstatus hutan lindung maupun hutan produksi," terangnya.

Sementara itu, lanjut Atikah, bagi desa di wilayah perairan PLN mengupayakan penerangan melalui pembangkit isolated/PLTS Komunal.

BACA JUGA:Kalapas Narkotika Muara Beliti Hadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023, Ini Harapannya

Seperti tahun  2023 lalu PLN bersama Pemkab OKI, telah berhasil menyelesaikan proses perizinan dan mengalirkan listrik pada 11 desa di Kecamatan Sungai Menang, Pedamaran Timur, Cengal dan Jejawi

Penjabat Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi mengatakan, pertemuan yang dilakukan antara Pemkab OKI dan PLN untuk meneguhkan semangat bersama antara Pemda dan PLN. 

“Juga termasuk untuk mengkoordinasikan dengan kementrian terkait agar seluruh akses kelistrikan dapat dilintasi oleh PLN sehingga seluruh desa bisa menikmati teraliri listrik,” jelas Pj Bupati OKI. 

Ditambahkan Pj Bupati, pihaknya berkomitmen penuh mendukung langkah PLN di OKI, terutama agar akses listrik di OKI seluruhnya dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: