Gagal Bawa Korsel Juara, Jurgen Klinsmann Resmi Dipecat Sebagai Pelatih

Gagal Bawa Korsel Juara, Jurgen Klinsmann Resmi Dipecat Sebagai Pelatih

Jurgen Klinsmann--dok : sumsek.co

Gagal Bawa Korsel Juara, Jurgen Klinsmann Resmi Dipecat Sebagai Pelatih 

SUMEKS.CO - Jurgen Klinsmann resmi dipecat dari pelatih Timnas Korea Selatan (Korsel) karena gagal bawa tim juara di Piala Asia 2023.

Jurgen Klinsmann gagal menunjukkan kepemimpinan yang diharapkan dari seorang petinggi tim nasional, termasuk dalam hal manajemen pertandingan, pemain, dan etos kerja yang penting untuk meningkatkan daya saing tim.

Korea Selatan menderita kekalahan mengejutkan 2-0 dari Yordania di semifinal Piala Asia 2023, namun menjelang pertandingan, terjadi perselisihan internal antara kapten Son Heung-min dan Lee Heung-min di dalam Taikong Kamp tim Warriors.

BACA JUGA:Akram Afif Hattrick Penalti, Qatar Juara Piala Asia 2023 Usai Tekuk Yordania 3-1

Dengan kekalahan melawan Jordania, Korea Selatan terpaksa memperluas haknya untuk menjuarai Piala Asia yang telah berlangsung sejak tahun 1960-an.

Selain hasil Piala Asia, sikap Klinsmann sebagai pelatih juga dipertanyakan karena ingin bertahan di Los Angeles selama 13 bulan dan bermain melawan Korea Selatan. Hal ini dianggap tidak menghormati masyarakat Korea.

Kontrak Klinsmann sebenarnya berlaku hingga 2026. Sejak ditunjuk masuk timnas Korsel pada Februari 2023, Klinsmann mencatatkan delapan kemenangan, tujuh imbang, dan tiga kekalahan dalam 18 pertandingan.

Pemecatan Klinsmann berarti Korea Selatan akan memiliki nama-nama legendaris seperti Hong Myung-bo dan Kim Ki-dong sebagai pelatih sementara mereka.

BACA JUGA:Tersisa Empat Negara yang Lolos, Berikut Jadwal Semifinal Piala Asia 2023

Salah satunya akan ditunjuk menjadi pemimpin timnas Korea untuk dua turnamen kualifikasi Piala Dunia Asia 2026 bulan depan.

Kemampuan kompetitif dan sikap Pelatih Klinsmann sebagai pelatih tidak sesuai dengan opini atau ekspektasi publik, dan dianggap akan sulit untuk ditingkatkan di masa depan.

Oleh karena itu, diputuskan untuk mengganti manajer babak kualifikasi kedua Piala Dunia Amerika Utara dan Tengah.

Usai resmi diberhentikan sebagai pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann pun mengunggah pesan perpisahan di media sosialnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: