UPDATE Quick Count! Prabowo-Gibran Unggul Jauh Versi 6 Lembaga Survey Resmi Ini

UPDATE Quick Count! Prabowo-Gibran Unggul Jauh Versi 6 Lembaga Survey Resmi Ini

Hasil hitung cepat perolehan suara Pilpres 2024 menurut enam lembaga survey resmi.--

SUMEKS.CO - Pemilihan Umum 2024 sedang berlangsung dan proses hitung cepat atau ‘quick count’ telah dimulai. Dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga menunjukkan Prabowo-Gibran unggul jauh.

Lembaga survei dan hitung cepat yang telah terdaftar resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan quick count berdasarkan sampel data penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 24/PPU-XVII/2019, hasil quick count dapat disiarkan dua jam setelah pemungutan suara selesai di wilayah Indonesia bagian barat, yang berarti hasil quick count Pemilu 2024 dapat dilihat mulai pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA:Hasil Quick Count Pilpres 2024 Poltracking Indonesia, Prabowo-Gibran Unggul 59,82 Persen

Berikut ini hasil Quick Count beberapa lembaga survey dan hitung cepat:


Hasil quick count Pilpres 2024.-Tangkapan layar YouTube/TVOne-

Hari ini, Rabu, 14 Februari 2024, KPU mengadakan proses pemungutan suara. Sebanyak 204,8 juta warga Indonesia telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan memberikan hak suaranya.

Pemilu 2024 akan menentukan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif untuk periode lima tahun ke depan.

Masyarakat dapat memantau proses penghitungan cepat pemilu atau ‘quick count’ melalui beberapa tautan yang tersedia. Perlu diketahui, quick count dan real count adalah dua hal yang berbeda.

Quick count dilakukan dengan metode sampling di TPS tertentu dan verifikasinya berdasarkan presentase hasil pemilu di TPS sampel tersebut.

BACA JUGA:Lagi, Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Unggul Telak di Tiga TPS Kelurahan Karang Jaya Gandus

Quick count memberikan gambaran yang lebih akurat karena didasarkan pada hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.

Quick count memiliki tujuan dan manfaat untuk memberikan data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi potensi kecurangan dalam proses tabulasi suara.

Hasil quick count dapat diperoleh lebih cepat dibandingkan real count yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: