Resmi! Gabriel Moscardo Putuskan Masa Depannya ke Paris Saint-Germain

Resmi! Gabriel Moscardo Putuskan Masa Depannya ke Paris Saint-Germain

Gabriel Moscardo--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Diusia yang baru 18 tahun, gelandang muda Brasil, Gabriel Moscardo, akhirnya memutuskan masa depannya pindah ke Paris Saint-Germain (PSG).

Dia terkonfirmasi bergabung dengan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) hingga 2028. Hal tersebut diketahui dari Instagram resmi PSG yang mengumumkan kontrak gelandang muda Brasil, Gabriel Moscardo hingga 2028 dan akan segera dipinjamkan kembali ke  Corinthians hingga akhir musim.

Kesepakatan lisan telah dicapai antara PSG dan Corinthians (klub lokal Moscardo) untuk transfer gelandang muda Brasil, Gabriel Moscardo.

Biaya transfernya sebesar 20 juta euro atau sekitar 341 miliar rupiah termasuk paket tambahan sebesar 2 juta euro.

BACA JUGA:Dendam Suporter Rossoneri Tak Pernah Padam, PSG Kalah di Kandang AC Milan, Donnarumma Dilempari Banyak Uang

Moscardo akan berangkat ke Paris tak lama setelah klub resmi menandatangani kontraknya.

PSG mengalahkan klub-klub besar lainnya seperti Arsenal, Manchester United, Atletico Madrid, dan Chelsea yang juga meminati gelandang berusia 18 tahun tersebut.

Kepindahan Moscardo ke PSG akan menjadi penyemangat kariernya. Namun, tes medis di PSG mengungkapkan bahwa ia mengalami cedera kaki.

Alhasil, Moscardo harus menjalani operasi dan absen selama tiga bulan. Dirinya harus benar-benar pulih baru bisa mendapat menit bermain bersama PSG.

BACA JUGA:PSG Dikabarkan Merana Ditinggalkan Lionel Messi, Tapi di Klub Baru Inter Miami Malah Gagal Playoff MLS 2023

Presiden Corinthians, Augusto Melo telah mengonfirmasi bahwa sang pemain telah dijual ke PSG dan menegaskan bahwa transfer tidak akan dibatalkan terlepas dari hasil pemeriksaan kesehatannya.

Artinya PSG harus menunggu hingga sekitar Maret atau April 2024 untuk memainkan Moscardo.

Penampilan pemilik bernama lengkap Gabriel Silva Moscardo de Sales saat bersama Corinthians di Liga Brasil merupakan sesuatu yang sungguh istimewa.

Meski masih muda di usianya yang baru 18 tahun, gelandang tengah ini memiliki kemampuan di atas rata-rata serta tenang dan cerdas dalam membaca permainan di lapangan.

BACA JUGA:Terjadi 2 Laga Big Match, Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions Eropa: Liverpool vs Madrid dan PSG vs Bayern

Berkat penampilan impresifnya di Corinthians, bakat Moscardo berhasil menarik perhatian klub-klub top Eropa.

Dirinya mencetak satu gol dan satu assist dalam 25 penampilan, dan karakter bermainnya yang kuat, dengan kekuatan fisik dan visinya, sering dibandingkan dengan gelandang Arsenal Declan Rice.

Moscardo sering disebut sebagai Declan Rice dari Brasil karena gaya bermain mereka yang mirip.

Gabriel Moscardo lahir pada tanggal 28 September 2005 di Taubaté. Saat ini bermain untuk Corinthians dan telah membuat 17 penampilan di Liga Brasil.

BACA JUGA:PSG Rebut Piala Super di Israel, 3 Pemain Muslim Langsung ke Masjid Al-Aqsa

Pemain Brasil itu mempunyai tinggi mencapai 1,85 meter. Karena itulah alasan mengapa ia sering disebut sebagai berlian langka adalah karena posisinya sebagai gelandang bertahan.

Mirip dengan bek dan fullback, posisi gelandang bertahan kurang diminati di kalangan pemain muda dan sepak bola akar rumput.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki gelandang bertahan muda yang bisa bermain bagus untuk klub Anda secara rutin, dia pasti akan menjadi pemain yang diincar banyak klub di dunia.

Dia memulai karirnya di akademi Atleta Sidadao pada tahun 2015. Moscardo baru bergabung dengan akademi Corinthians pada tahun 2017.

BACA JUGA:Lionel Messi Cetak Gol, Namun Gol Bunuh Diri Bikin PSG Hanya Raih Satu Poin di Kandang Benfica

Menurut ESPN, Moscardo awalnya adalah seorang gelandang serang. Namun, pelatih Atleta, Eduardo Vergueiro mengubah posisinya menjadi gelandang bertahan.

Tingginya 185 meter merupakan keunggulan dalam pertempuran udara.

Moscardo melakukan debut tim pertamanya untuk Corinthians pada laga Copa Libertadores melawan Liverpool FC Montevidio pada 29 Juni 2023.

Dia menggantikan Giuliano dalam pertandingan tersebut, yang dimenangkan Corinthians 3-0.

BACA JUGA:Banding Ditolak, PSG Dikurangi 4 Poin, Kans Lolos 8 Besar Tertutup

Ia kemudian mencetak gol pertamanya untuk Corinthians pada laga melawan Vasco da Gama di babak 36 Serie A Brasileiro pada 29 November 2023, menghasilkan kemenangan 4-2.

Moscardo adalah tipikal gelandang bertahan yang agresif, mengingatkan kita pada Casemiro di masa lalu.

Namun ada sedikit perbedaan dalam gaya bermainnya. Casemiro terlihat lebih lembut dan elegan, sedangkan Moscardo terlihat lebih liar dan klasik.

Dua puluh tahun lalu, ada seorang pemain yang gaya bermainnya mirip dengan Moscardo, yang juga bermain untuk Manchester United.

BACA JUGA:Mehdi Taremi Selangkah Lagi Berseragam Nerazzurri dengan Kontrak Dua Musim

Dia mengenakan ban kapten dan mengenakan nomor 16, jika bukan Roy Keane, di punggungnya.

Dengan tinggi 1,85m, ia cukup tinggi untuk bersaing memperebutkan bola atas dan bola penutup, dan berpotensi tumbuh lebih jauh untuk mencapai ketinggian Rodri dari Manchester City.

Meski dengan tenang menguasai bola dengan kaki kanannya, ia masih kekurangan pergerakan off-ball dan passing cekatan khas gelandang bertahan Spanyol.

Menurut Thecopaclub, Moscardo memiliki statistik yang layak pada tahun 2023.

BACA JUGA:Telan Kekalahan 1-3 dari Jepang di Piala Asia 2023, Performa Timnas Indonesia Makin Berkembang

Secara defensif, ia rata-rata melakukan 3,33 tekel, 1,47 intersepsi, dan 2,55 blok per 90 menit, dengan tingkat kemenangan duel sebesar 73 persen.

Sisi lain, kemampuannya dalam mendistribusikan bola dibuktikan dengan tingkat penyelesaian operannya sebesar 75% dengan rata-rata 3,23 dari 4,31 percobaan.

Hal ini membuat Moscardo mampu menarik perhatian klub-klub top Eropa.

Penampilannya sebagai gelandang bertahan kerap dibandingkan dengan pemain top seperti Declan Rice dan Casemiro.

BACA JUGA:Harapan Man United dan Barca Pupus, Arthur Vermeeren Pilih Berlabuh ke Atletico Madrid

Dia juga dianggap sebagai Declan Rice-nya Brasil. Akan sangat berisiko jika Moscardo segera menerima tawaran dari klub Inggris yang dikenal menuntut standar tinggi kepada para pemainnya, berapa pun usianya, karena perkembangan permainannya bergantung pada waktu.

Pindah ke Italia, Prancis, Jerman atau Portugal bisa menjadi batu loncatan sebelum bergabung dengan salah satu klub besar Spanyol atau Liga Inggris.

Nilai pasar sekitar 26 Miliar rupiah, namun jika diakuisisi oleh tim Eropa nilainya sepuluh kali lipat.

Meski demikian, harga tersebut masih terjangkau untuk klub level dua. Gabriel Moscardo baru memainkan satu pertandingan internasional untuk timnas U-23 Brasil.

BACA JUGA:Kirgistan vs Oman Imbang 1-1, Timnas Indonesia Susul Thailand ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Oleh karena itu, tak heran jika penampilannya bersama Corinthians menarik perhatian klub-klub terkemuka Eropa.

Sebelumnya, Gabriel Moscardo juga menjadi incaran serius Chelsea dan banyak klub top Eropa lainnya. Namun, Moscardo memutuskan masa depannya dengan pindah ke PSG.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: