11 Adab Islami yang Perlu Diajarkan Orang Tua Sejak Dini Kepada Buah Hati

11 Adab Islami yang Perlu Diajarkan Orang Tua Sejak Dini Kepada Buah Hati

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Mendidik anak-anak agar shalih dan shalihah, orang tua perlu menanamkan adab yang baik. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan beberapa adab yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Adab menunjukkan akhlaq seseorang dan dapat tercermin dalam perbuatan dan perkataan.

Dalam agama Islam sendiri, adab lebih diutamakan daripada ilmu, sebab adab adalah paling diperhatikan serta membuat seseorang dihormati.  

Paling sedikit terhadap 11 adab yang perhatikan dan diajarkan kepada seorang anak agar menjadi anak yang shalih dan shalihah.

BACA JUGA: Ini Loh Kata Islam Agar Setiap Anak Memuliakan Orang Tua, Simak 6 Adab yang Harus Dilakukan

1. Menanamkan Rasa Malu

Rasa malu merupakan sifat yang akan membentengi anak-anak untuk melakukan hal-hal yang kurang sopan. 

Rasulullah SAW bersabda, ''Iman itu lebih dari 70 (tujuh puluh) atau 60 (enam puluh) cabang, cabang iman yang tertinggi adalah mengucapkan 'La ilaha illallah', dan cabang iman terendah adalah membuang gangguan (duri) dari jalan, dan rasa malu merupakan cabang dari iman.'' HR Bukhari dan Muslim.

2. Mengenalkan Aurat Laki-Laki dan Perempuan

BACA JUGA:7 Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Agar Cepat Sembuh, Mulai dari Demam Panas Hingga Batuk Pilek

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya Asma binti Abu Bakar masuk ke dalam rumah Nabi SAW dengan menggunakan pakaian yang tipis, maka Rasulullah berpaling daripadanya dan berkata: ‘Hai Asma, sesungguhnya jika seorang wanita telah menginjak dewasa (haid), maka tidak boleh terlihat dari tubuhnya kecuali ini dan ini’, sambil beliau menunjuk muka dan telapak tangannya” HR. Abu Dawud, hadits hasan.

Batas aurat perempuan didepan non-mahram yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan aurat laki-laki berbatas dari pusar hingga lutut. 

3. Menanamkan Karakter Sesuai Fitrah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: