1 Jumadil Akhir Jatuh Pada 14 Desember 2023, Ada 6 Peristiwa Bersejarah Umat Islam Didalamnya, Apa Saja?

1 Jumadil Akhir Jatuh Pada 14 Desember 2023, Ada 6 Peristiwa Bersejarah Umat Islam Didalamnya, Apa Saja?

Peristiwa bersejarah umat Islam yang terjadi di bulan Jumadil Akhir--

SUMEKS.CO - Bulan Jumadil Akhir tahun Hijriah bertepatan dengan 14 Desember 2023. Didalamnya, banyak peristiwa bersejarah disertai duka mendalam bagi umat Islam.

Dalam kalender Islam ada yang namanya bulan Jumadil Akhir. Ya, jika dihitung dengan kalender Masehi, 1 Jumadil Akhir jatuh pada 14 Desember 2023.

Jumadil Akhir merupakan bulan keenam dalam kalender Hijriah, dan memiliki keistimewaan serta keutamaan tersendiri dalam Islam.

Bahkan, banyak anjuran yang diperintahkan Rasulullah SAW untuk mengerjakan amalan sunah seperti puasa, salat sunah, dan lainnya.

BACA JUGA:Awal Ramadan 1445 Hijriah Diprediksi Jatuh Pada 12 Maret 2024, Puasa Tak Sampai 30 Hari?

Kendati demikian, mungkin umat Islam tak banyak yang tahu jika di bulan Jumadil Akhir banyak menyimpan peristiwa sejarah.

Diantara peristiwa bersejarah tersebut, ada diantaranya yang membuat sedih seluruh umat Islam pada saat itu.

Lantas, peristiwa bersejarah apa saja yang terjadi di bulan Jumadil Akhir? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

1. Wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifah Pertama Umat Islam

BACA JUGA:10 Muharram 1445 Hijriah, Masjid Jami'ul Khoirot Pasar Kertapati Palembang Bagikan Bubur Suro

Abu Bakar Ash-Shiddiq merupakan seorang sahabat Rasulullah SAW dari kalangan yang pertama kali memeluk Islam sekaligus menjadi khalifah pertama sepeninggal Nabi Muhammad SAW.

Dalam masa pemerintahannya yang singkat selama dua tahun, beliau berhasil menyatukan kembali semenanjung Arab dan memulai penaklukan di Suriah dan Irak. 

Pada masa pemerintahan Abu Bakar juga pertama kalinya diperintahkan untuk menulis dan menyusun wahyu-wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah SAW dalam bentuk mushaf.

Ayah dari Aisyah RA ini meninggal pada 22 Jumadil akhir dan dimakamkan di sebelah makam Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: