Cendrawasih Papua 'Si Burung Surga', Jantan Menari Melakukan Ritual Perkawinan

Cendrawasih Papua 'Si Burung Surga', Jantan Menari Melakukan Ritual Perkawinan

Cendrawasih Papua yang disebut Si Burung Surga yang punya kebiasaan unik sebelum kawin.--

SUMEKS.CO - Menyebut nama Papua langsung terlintas dipikiran kita nama Cenderawasih. Burung satu ini dikenal dengan keindahannya, yang hidup di Pulau Papua. 

Tidak diragukan lagi keindahan burung anggota merupakan dari keluarga paradesaidai dan ordo passeriformes, yang menjadi ikon Papua ini. Sehingga wajar saja bila mendapat julukan 'Si Burung Surga'. 

Burung cendrawasih memiliki karakteristik dengan warna bulunya yang cerah dan menarik perhatian, seperti kuning, merah, biru hingga hijau. Paling menarik adalah cendrawasih jantan. 

Selain keindahannya yang menarik perhatian dunia, cendrawasih jantan menggunakan tariannya untuk memikat cendrawasih betina dalam melakukan ritual perkawinan. 

BACA JUGA:Kicau Mania Harus Tahu, 6 Pakan Sehat dan 4 Pantangan Burung Murai Batu Berganti Bulu alias Mabung

Cendrawasih jantan akan menampilkan fleksibelitas bulu dan bentuk badan mereka. Sehingga semakin menonjol keindahan warna bulunya. 

Mereka benar-benar mempersiapkannya sebaik mungkin. Bahkan sampai harus membersihkan paruhnya sebelum menari.

Diprediksi ada sekitar 30 jenis Cendrawasih yang ada di Indonesia, yang mana 28 jenis di antaranya bisa ditemukan di Papua.

Ukuran burung Cendrawasih juga beragam yang tergantung dari masing-masing spesiesnya. Misalnya, spesies King Bird of Paradise yang punya ukuran sekitar 15 cm, lalu ada juga spesies Black Sicklebill yang berukuran 110 cm.

BACA JUGA:Jangan Salah! Ini Beda Burung Walet dengan Seriti

Salah satu jenis burung Cendrawasih yang paling terkenal dan banyak ditemukan adalah Cendrawasih Kuning Besar atau Paradisaea apoda yang berasal dari Genus paradisaea.

Burung Cendrawasih memiliki karakteristik, yakni warna bulunya yang cerah dan menarik perhatian seperti kuning, merah, biru, hingga hijau. Umumnya, burung ini dinamakan sesuai dengan warna dominannya, seperti Cendrawasih Kuning Kecil atau Cendrawasih Merah.

Cendrawasih jantan punya bulu yang berwarna cerah, sehingga nampak indah jika dilihat dari dekat. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk memburu burung ini demi mengambil bulunya.

Cendrawasih dapat ditemukan di Indonesia bagian timur, seperti pulau-pulau di Selat Torres dan Papua, Papua Nugini, dan bagian timur Australia. Habitat asli 'Burung Surga' ini ada di hutan lebat yang berada di dataran rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: