Pemkot Prabumulih Bakal Terima Rp8,6 Miliar Dana Bagi Hasil Sawit

Pemkot Prabumulih Bakal Terima Rp8,6 Miliar Dana Bagi Hasil Sawit

Rapat pembahasan dana bagi hasil sawit tahun 2023 yang digelar di kafe Bang Ali Kota Prabumulih, Selasa 14 November 2023. Foto: Dian/sumeks.co --

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) PRABUMULIH di tahun ini (2023, red) bakal mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) sawit yang jumlahnya mencapai Rp8,6 miliar. 

Hal itu terungkap dalam rapat pembahasan dana bagi hasil sawit tahun 2023 yang digelar di kafe Bang Ali Kota Prabumulih, Selasa 14 November 2023.

Rapar ini juga digelar dalam rangka implementasi perlindungan jaminan sosial bagi pekerja perkebunan sawit di Kota Prabumulih.

Melalui Dana Bagi Hasil (DBH) sawit sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91 tahun 2023.

BACA JUGA:Minta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal hingga Hitung Ulang Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas

PJ Sekda Kota Prabumulih, Aris Priadi menyebutkan, Pemkot Prabumulih kebagian Rp8,6 miliar DBH sawit.

"Anggaran ini baru perdana didapatkan tahun ini (2023, red) dan kita mencari formula yang kira-kira pas untuk di-follow up," sebutnya.

Anggaran tersebut, didapatkan Kota Prabumulih sebagai kabupaten/kota pendamping penghasil sawit dan bukan penghasil utama. 

"Karena di kita ada sekira 967 hektare sawit dan 480 pekerja," bebernya.

BACA JUGA:Prabumulih Sukses, Dana Bagi Hasil Mendekati 99 Persen

Lebih lanjut dikatakan Aris, dengan adanya DBH sawit adalah komitmen dan upaya pemerintah pusat untuk daerah khususnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan 80 persen.

Di sisi lain juga ada perhatian DBH sawit 20 persen untuk kegiatan lainnya yaitu juga digunakan bagi perlindungan sosial khususnya pekerja atau petani sawit yang belum terdaftar dalam program jaminan sosial. 

"Dalam rangka penyerapan anggaran tersebut, pekerja atau petani sawit akan didampingi perlindungan sosial," jelasnya.

Kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Prabumulih, Eva Erika Yahudin menambahkan, pihaknya sengaja menggelar sosialisasi DBH sawit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: