6 Bahan Bikin Kayu Kinclong, Tekan Biaya Pengeluaran, Nomor 3 Bisa Gratis

6 Bahan Bikin Kayu Kinclong, Tekan Biaya Pengeluaran, Nomor 3 Bisa Gratis

Cara mengkilapkan kayu dengan bahan yang mudah didapatkan.--

SUMEKS.CO - Material rumah berbahan kayu tanpa sentuhan cat, atau hanya menggunakan pengkilap kayu, memberikan kesan alam pada rumah. 

Kosen, jendela, perabotan hingga pintu hanya menggunakan pengkilap kayu, akan membuatnya menjadi kinclong, cantik dan segar. Rumah akan tampak bersih dan natural. 

Sentuhan pengkilap kayu tidak hanya memberikan estetika pada rumah saja, juga menjaga material kayu awet dari gangguan rayap. 

Tidak kalah penting, biaya penggunaan cat dapat ditekan, dengan memanfaatkan bahan pengkilap kayu yang lebih murah. Apalagi ada bahan yang berasal dari sampah rumah tangga, tentu saja ini gratis. 

BACA JUGA:9 Tips Mendesain Kamar Mandi Minimalis Kecil yang Sempit Tapi Tetap Estetis, Mudah Ditiru!

Sedangkan yang lain banyak dijual di pasar, dengan harga dibawah harga cat. Tentu saja ini dapat menekan pengeluaran biaya. 

Nah, apa saja bahan yang dapat digunakan sebagai pengkilap kayu? Berikut bahannya yang bisa didapat dengan mudah. 

1. Kemiri

Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur untuk memasak.Tapi tahukah kamu? Jika bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak alami untuk mengkilapkan furnitur kayu.

BACA JUGA:Punya Lahan Rumah yang Terbatas? Coba Gaya Mezzanine yang Menggoda Hasrat untuk Memiliki

Untuk cara memanfaatkan biji kemiri untuk pengkilap, anda dapat membakar kemiri tersebut hingga minyak alaminya keluar.

Kemudian setelah itu, bungkus kemiri memakai kain lalu hancurkan hingga berbentuk bubuk. Baru setelahnya, anda tinggal lap kain tersebut ke permukaan furniture.

2. Memakai Cat Kayu Khusus

Pemakaian cat bisa jadi salah satu opsi. Ini merupakan cara mudah untuk hal yang sekaligus dapat merubah warna asli dari kayu (jika anda memakai warna lain), supaya memiliki tampilan lebih baru. Beberapa cat kayu sudah tersemat pengkilap khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: