4 Langkah Bikin Tenaga Sepeda Motor Standar Bisa Ngacir, Hemat Budget Tanpa Otak Atik Mesin

4 Langkah Bikin Tenaga Sepeda Motor Standar Bisa Ngacir, Hemat Budget Tanpa Otak Atik Mesin

4 Langkah Bikin Tenaga Sepeda Motor Standar Bisa Ngacir tanpa harus modifikasi mesin.--

SUMEKS.CO - Tanpa harus mengotak atik mesin, sepeda motor standar dapat melaju dengan kencang. Cara ini juga mampu menekan biaya, karena tidak perlu melakukan modifikasi pada mesin. 

Cara ini memiliki kelebihan, jika suatu saat ingin mengembalikan sepeda motor dalam posisi standar pabrik, sangat mudah. Sehingga harga jual juga dipastikan masih stabil. 

Cara ini menjadi solusi yang kerap dilakukan mekanik, bagi mereka yang minim budget dan menginginkan sepeda motor lebih ngacir. 

Bahkan, cara ini menjadi salah satu rahasia mekanik. Sehingga meski hanya mengganti beberapa komponen, sudah bisa dipastikan sepeda motor standar kesayanganmu akan kencang.

BACA JUGA:Inilah 10 Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat, Nomor 6 Sering Terjadi! Berikut Pencegahannya

Untuk lebih detail, berikut cara membuat sepeda standar melaju dengan kencang, tanpa harus modifikasi mesin:

1. Penyesuaian BBM

Perlu diingat, dengan angka oktan tinggi akan lebih baik. Namun gunakan BBM sesuai kompresi. Bukan berbicara RON, tapi kesesuaian. 

Pertamina sudah membuat daftar RON dengan kompresi mesin. Misal, Honda BeAT, Yamaha Mio, yang memiliki kompresi 9:1 hingga 10:1, cocok menggunakan bahan bakar RON 90, yakni Pertalite. 

BACA JUGA:7 CDI Terbaik, Bikin Sepeda Motor Seperti Jet Darat, Nomor 1 Jadi Buruan Mekanik

Sedangkan sepeda motor dengan kompresi di atas 11:1, seperti Honda CB150, Honda Sonic, Yamaha R15, cocok menggunakan Pertamax Turbo. 

Ingat! Penggunaan BBM sesuai kompresi mesin, pembakaran semakin maksimal. Sehingga membuat tenaga sepeda motor menjadi kencang, walau mesin standar. 

2. Ganti Busi Iridium

Banyak yang salah beranggapan mengganti busi standar dengan busi racing akan meningkatkan performa mesin sepeda motor standar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: