Presiden Jokowi Resmikan IPAL di Palembang, Begini Harapannya

 Presiden Jokowi Resmikan IPAL di Palembang, Begini Harapannya

Joko Widodo meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sei Selayur, Kota Palembang, Sumsel Kamis 26 Oktober 2023.-Naba -

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sei Selayur, Kota Palembang, Kamis 26 Oktober 2023. 

Presiden Jokowi didampingi Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, serta sejumlah pejabat pemerintah pusat dan daerah yakni Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni, serta Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa. 

Jokowi menjelaskan bahwa sistem pengolahan air limbah domestik memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. 

"Selain itu kehadiran sistem ini akan mengurangi pencemaran Sungai Musi yang telah tercemar limbah selama ini yang berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar Sungai Musi," katanya. 

BACA JUGA:Pedagang Pasar Sekip dan Warga Palembang Antusias Sambut Kedatangan RI 1, Jokowi Tinjau Langsung Lapak Pedagan

Lanjut Jokowi menuturkan, proyek pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik di Kota Palembang menggunakan dana sebesar Rp624 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Juga Rp24 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Rp690 miliar dari Pemerintah Australia," tuturnya. 

Oleh karena itu Jokowi berharap proyek ini yang saat ini baru mencakup 10 persen dari penduduk Kota Palembang, dapat terus berkembang sehingga Sungai Musi menjadi lebih bersih dan indah. 

BACA JUGA:Jokowi Bagi-Bagi Kaos untuk Pedagang dan Warga Sekitar Pasar Sekip Ujung Palembang

"Tentunya untuk masyarakat di sekitarnya dapat hidup dengan lebih sehat dan aman," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: