KEREN! Mobil Bak Terbuka Disulap jadi Armada Pemadam Karhutla

KEREN! Mobil Bak Terbuka Disulap jadi Armada Pemadam Karhutla

Armada mobil bak terbuka disulap jadi armada pemadam karhutla. --

OKI, SUMEKS.CO - Saat musim kemarau, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI )hampir terjadi setiap hari dan sudah sangat luas dan parah.

Dampak dari Karhutla menimbulkan asap yang sangat menggangu kesehatan. Sehingga berbagai upaya dilakukan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangannya. 

Seperti yang dilakukan oleh kepala desa di Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten OKI, dalam menanggulangi Karhutla patut diacungi jempol.

Dengan Kreativitas para kepala desa berhasil ‘menyulap’ mobil bak terbuka jadi armada pemadam kebakaran khususnya karhutla. 

BACA JUGA:Tim Komisi II DPR RI Kunjungi Kabupaten Muba, Selesaikan Polemik Perbatasan Muba dan Muratara

Rupanya, ide ini berawal dari kebakaran lahan yang melanda kebun warga, sehingga muncul ide kreatif di benak para kepala desa di Kecamatan Mesuji Makmur agar cepat ditanggulangi. 

Dimana saat ini dari 19 desa, 13 desa diantaranya sudah memiliki armada pemadam karhutla. 

"Ide kreatif dari para kepala desa untuk mengatasi karhutlah sudah ada 13 unit armada desa lainnya segera menyusul," kata Camat Mesuji Makmur, Imam Tohari, Jumat 6 Oktober 2023.

Imam menceritakan, keberadaan armada pemadam karhutla ini lebih memudahkan para aparat desa menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah desanya

BACA JUGA:Pembeli Mengaku Tidak Tahu Ikan Salem Itu Dilarang, Bahkan Ada yang Bertanya Apakah Ikan Itu Berbahaya?

"Kita membantu satgas daerah yang berjibaku melawan karhutla, para kepala desa dan masyarakat tanggap terhadap bencana ini," ujar dia.

Masih kata Imam, untuk armada damkar milik desa ini berkonsep sederhana namun multifungsi yang berguna untuk membantu memadamkan api ketika kebakaran.

"Mobil pick up atau truk milik warga di siagakan sebagai armada Karhutla. Dengan perlengkapan tandon air, mesin penyemprot serta selang sederhana namun bermanfaat," terangnya. 

Lalu untuk petugas pemadam terdiri dari Hansip desa ditambah perangkat desa dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: