Petakan 11 Variabel Potensi Konflik, Ribuan Personel Polda Sumsel Diterjunkan pada Operasi Mantap Brata Musi

Petakan 11 Variabel Potensi Konflik, Ribuan Personel Polda Sumsel Diterjunkan pada Operasi Mantap Brata Musi

Latihan Pra Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 digelar Polda Sumsel yang dibuka langsung oleh Kapolda Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Latihan (Lat Pra) Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 digelar Polda Sumsel yang dibuka langsung oleh Kapolda Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.

Operasi pengamanan penyelenggaraan Pemilu ini akan digelar secara serentak mulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri pada tahun 2023 hingga 2024. 

Adapun rencananya dilaksanakan selama 211 hari sesuai dengan tahapan inti Pemilu 2024.

"Operasi tersebut bertujuan untuk melakukan rangkaian pengamanan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi dalam keterangannya usai memberikan materi Kepada peserta Lat Pra Ops Mantap Brata Musi 2023-2024.

BACA JUGA:Polda Sumatera Selatan Atasi Sejumlah Isu Menjelang Pilkada 2024, Salah Satunya Inflasi

Supriadi menuturkan, ribuan personel kepolisian akan ditempatkan di berbagai wilayah di Sumatera Selatan dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Brata Musi. 

Para personel akan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan selama proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, dan tahapan-tahapan lainnya yang terkait dengan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 Polri juga akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu dan Pilkada serentak 2024," katanya.

Lebih lanjut, Supriadi  mengatakan, Operasi Mantap Brata Musi akan terbagi beberapa Satgas yang tergabung dalam operasi, yakni Mabes Polri sebanyak 9 satgas, Satgas Polda sebanyak 7 Satgas dan Satgas Polres sebanyak 6 Satgas. 

BACA JUGA:Polrestabes Palembang Paparkan Simulasi Sistem Pengaman Pilkada 2024

Selain itu, dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024 akan melibatkan beberapa satuan kerja (Satker) Polri.

Sebanyak 11 Satker Polri akan mendukung pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024. 

Diantarannya, Ditreskrim , Ditintelkam, Dit Samapta, Satbrimob Polri, logistik, Bid humas Polri, Bid TIK Polri, Bid Propam,  Birorena, Ditpolairud  dan Inspektorat Pengawasan Daerah serta  personel Polda dan Jajaran yang disprinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: