Sesuai Ciri-ciri Atlantis, Banyak Ras Manusia Pernah Mendiami Lembah Dempo

Sesuai Ciri-ciri Atlantis, Banyak Ras Manusia Pernah Mendiami Lembah Dempo

Ciri-ciri peradaban Atlantis ini ada di Lembah Gunung Dempo wilayah Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat.--

SUMEKS.CO - Banyak ahli sepakat Benua Atlantis berada di Indonesia. Bahkan, ciri-ciri peradaban Atlantis ini ada di Lembah Gunung Dempo wilayah Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. 

Dalam cerita masyarakat Besemah yang mendiami sekitar Gunung Dempo, diceritakan tentang keberadaan berbagai ras, yang pernah mendiami wilayah itu, yang diyakini sebagai leluhur mereka. 

Adapun yang diyakini berbagai ras itu, Jeme Kam-kam, Jeme Nik dan Jeme Nuk, Jeme Ducung, Jeme Aking, dan Jeme Rebakau, jJeme Sebakas ; Jeme Rejang dan Jeme Berige.

Masing-masing ras tersebut memiliki ciri yang berbeda. Jeme Nik dan Jeme Nuk memiliki badan yang tinggi besar, hidung mancung, dan kulit putih kemerahan.

BACA JUGA:Jejak Surga Atlantis Ada di Gunung Dempo, Buktinya Berserakan

Jeme Ducung perawakan tubuknya kecil, pendek tetapi memiliki kelincahan.

Jeme Aking juga tinggi besar, kekar, kulitnya merah keputihan, dan memiliki pendirian yang keras. Jeme Rebakau berperawakan sedang.

Sedangkan Jeme Sebakas postur tubuhnya seperti orang-orang Melayu sekarang. Demikian pula jeme Rejang dan jeme Berige tidak jauh beda dengan jeme Sebakas.

Dalam cerita versi Plato, Atlantis digambarkan mempunyai kekuatan maritim dahsyat, dan berada di depan “Pilar-pilar Hercules.” Tanahnya subur, rakyatnya makmur. 

BACA JUGA:Kutukan Sakti Puyang Besemah, Keturunan Puyang Palembang Dilarang Mendaki Gunung Dempo

Atlantis digambarkan surga di bumi. Plato mengatakan, Atlantis  hadir sekitar 9.000 tahun sebelum mazhab Solon, atau 9.600 tahun sebelum zaman Plato hidup.

Namun, kejayaan Atlantis, kata Plato, mulai pudar setelah gagal menguasai Athena, negeri para dewa dan dewi. Petaka menimpa Atlantis sehingga pulau itu hilang ditelan laut dalam hitungan hari. 

Para penghuni yang selamat pergi mencari tempat baru. Atlantis akhirnya menjadi “surga yang hilang” dan penuh misteri hingga saat ini.

Tidak menutup kemungkinan penghuni Atlantis yang selamat itu mendiami kaki Gunung Dempo ribuan tahun. Hingga meninggalkan ribuan hasil karya megalitikum, yang masih berserakan di Kaki Gunung Dempo, hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: