Muara Enim Biayai Lima Calon Taruna PTDI-STTD, Usai Tempuh Pendidikan Langsung Diangkat PNS

Muara Enim Biayai Lima Calon Taruna PTDI-STTD, Usai Tempuh Pendidikan Langsung Diangkat PNS

RAPAT : Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH pada Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Kelulusan Calon Taruna/Taruni PTDI-STTD dengan Pola Pembibitan Daerah Kabupaten Muara Enim di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk memenuhi Kebutuhan SDM Aparatur Perhubungan di Kabupaten Muara Enim, Pemkab Muara Enim berikan bantuan pembiayaan penuh dari APBD Kabupaten Muara Enim untuk lima calon taruna/taruni yang diterima di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI -STTD), Kementerian Perhubungan RI.

Adapun ke-lima putra-putri yang berhasil lulus tersebut pertama Aulia Putri asal Desa Tanjung Jati Muara Enim, M Desta Riansyah Kelurahan Air Lintang Muara Enim, M Akbar Pariluhutan Kelurahan Pasar II Muara Enim, Syahira Febrian Indra Kelurahan Air lintang Muara Enim dan Al-Fitrasalam Asta Desa Cahaya Alam, Kecamatan SDU, Muara Enim.

“Program ini adalah program pertama di Indonesia dimana Taruna/Taruninya dibiayai seluruhnya melalui APBD. Kalau di daerah lain, untuk pembiayaannya belum penuh seperti yang dilakukan Pemkab Muara Enim,” kata Bupati Muara Enim melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH pada Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Kelulusan Calon Taruna/Taruni PTDI-STTD dengan Pola Pembibitan Daerah Kabupaten Muara Enim di ruang rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis 7 September 2023.

Menurut Mantan Kadishub Muara Enim ini didampingi  Plt Kabid Pengembangan dan Keselamatan Roby Budianto, bahwa ide kerjasama Pemkab Muara Enim dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI -STTD), Kementerian Perhubungan RI, berawal adalah untuk memenuhi Kebutuhan SDM Aparatur Perhubungan di Kabupaten Muara Enim yang pada saat itu masih sangat kurang.

BACA JUGA:Begini Hasil Honda DBL Palembang South Sumatera 2023 Hari ke-2, Berikut Agenda Jumat 8 September 2023

Oleh sebab itu dicarilah pola kerja sama melalui pola pembibitan SDM sehingga secara khusus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD dapat memberikan peluang bagi putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim untuk menempuh pendidikan yang sepenuhnya dibiayai dari APBD Kabupaten Muara Enim.

“Sesuai perjanjian, nantinya para taruna/taruni yang telah lulus akan dikembalikan untuk mengabdi sebagai aparatur sipil negara di Pemkab Muara Enim,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Riswandar, kebutuhan Dinas Perhubungan Muara Enim membutuhkan setidaknya sekitar 30 aparatur yang benar-benar memahami dan mengerti masalah perhubungan.

Untuk saat ini, di Dinas Perhubungan baru ada empat orang yang benar-benar berasal dari sekolah yang berkompeten.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Harmonisasikan 3 Raperda Kabupaten Bangka Barat

Oleh karena itu, sejak tahun 2021 yang lalu, berdasarkan hasil seleksi sebanyak 5 orang putra/putri terbaik Kabupaten Muara Enim berhasil lolos menjadi calon taruna/taruni, yang terdiri dari 2 orang di Program Studi DIV Sarjana Terapan Transportasi Darat dan 2 orang di DIII Manajemen Transportasi Jalan dan 1 orang di DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Dan untuk tahun 2022, ada 6 Taruna yakni 5 orang DIV dan 1 orang DIII.

Lalu pada tahun 2023 ini, yang berhasil diterima sebanyak 5 orang yakni DIV sebanyak 4 orang dan DIII ada 1 orang, sehingga total keseluruhan yang telah disekolahkan oleh Pemkab Muara Enim sebanyak 11 orang.

“Kerjasama ini berlaku selama 5 tahun, dan apakah di perpanjang atau tidak akan melihat kebutuhan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: