Helikopter Water Bombing Padamkan Api Karhutla di Lebak Deling Pampangan OKI, Kesulitan Sumber Air

Helikopter Water Bombing Padamkan Api Karhutla di Lebak Deling Pampangan OKI, Kesulitan Sumber Air

Helikopter melakukan water bombing di Kecamatan Pampangan, OKI yang terbakar, Minggu 27 Agustus 2023. Foto: dokumen/sumeks.co--

OKI, SUMEKS.CO - Lahan di Desa Lebak Deling, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali terbakar. 

Satu unit helikopter water bombing langsung dikerahkan dalam pemadaman, Minggu 27 Agustus 2023. 

Kepala Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI, Edi Satriawan SP mengatakan, lahan di Lebak Deling Pampangan kembali terjadi terbakar. 

Padahal di tempat yang sama pada Senin 21 Agustus 2023 lalu sudah terbakar dan berhasil padam. Tetapi masih meninggalkan asap. 

BACA JUGA:WAW! Kabupaten OKI Terluas Karhutla di Sumsel, Capai 850 Hektar Lahan yang Terbakar

"Lahan Lebak Deling yang terbakar sudah lumayan luas sehingga pemadaman lama, sempat padam dan terbakar lagi. Dimana asapnya terus membumbung," ujar Edi, saat dikonfirmasi, SUMEKS.CO, Minggu 27 Agustus 2023.

Dia menyebut, dalam Karhutla ini pemadaman selain telah dilakukan water bombing dengan satu unit helikopter, tim di lapangan khususnya personel Manggala Agni dikerahkan 3 regu yang berjumlah 45 personel. 

"Kita menurunkan tiga regu di lokasi kebakaran lahan gambut Lebak Deling, dimana satu regu berasal dari regu Kabupaten Lahat," katanya. 

Diungkapkan Edi, lahan gambut di Lebak Deling ini sudah kering semua, sehingga kalau terbakar sulit dipadamkan dan terus menjalar hingga berhari-hari terbakar. 

BACA JUGA:Polisi Tangkap Kakak-Adik, Pelaku Karhutla di Sungai Menang OKI

"Seperti hari ini pun masih terbakar dan termasuk di hamparan itu asap masih membumbung dan kendala personel sudah sulitnya sumber air," jelasnya. 

Masih kata dia, saat ini personel Manggala Agni bersama stakeholder masih di lapangan terus berupaya pemadaman dengan maksimal. Semoga titik api bisa padam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: