Garang Diusia Senja, Trio Lawas Mobil Suzuki Incaran Kaum Muda

Garang Diusia Senja, Trio Lawas Mobil Suzuki Incaran Kaum Muda

trio suzuki vitara,escudo,sidekick bersinar pada usia senja, mobil ini justru menjadi incaran anak muda dan pecinta offroad--

SUMEKS.CO – Menolak tua. Julukan ini bisa disematkan pada keluarga mobil Suzuki, yakni Vitara, Escudo dan Sidekick (VES).

Pada eranya trio ini begitu mendominasi pasaran otomotif nusantara. Maklum saja, mobil ini memadukan antara ketangguhan dan kenyamanan bagi penumpangnya.

Soal mesin jangan ditanya, sangat bandel, sehingga leluasa diajak jalan jauh ataupun main di medan-medan berat berlumpur dan terjalan.


trio suzuki vitara,escudo,sidekick bersinar pada usia senja, mobil ini justru menjadi incaran anak muda dan pecinta offroad--

Karenanya, meski terbilang mobil lawasan, penggemarnya masih banyak. Komunitas yang tergabung dalam VES COMUNITY (Vitara, Escudo, Sidekick) tersebar di seluruh Indonesia.

Penggemar lawasan ini kerap main bareng dan turing bersama. Diera tuanya, mobil ini justru menjadi primadona kaum muda.

BACA JUGA:Sangat Cocok Untuk Mahasiswa, 'EDAN' New Suzuki Celerio 1 Liter Tembus Jarak 26,67 Kilometer

Tenaganya yang besar dipadu mesin bertransmisi ganda menjadikan buruan pada pecinta lumpur.
Parpaduan antara tenaga dan kenyamanan menjadi alasan utamanya. Ya, biasanya mobil bertenaga besar kerap kali abai dalam kenyamanan.   

Meski tua harganya lumayan tinggi. Harga mobil yang masih terbilang bahan diatas Rp 45 juta. Untuk yang siap main lumpur jangan ditanya masih diatas ratusan juta. Harga tergantung kondisi
Sebenarnya, ketiga nama tadi berasal dari satu mobil yang sama.

Model yang pertama kali masuk Indonesia adalah Suzuki Vitara pada tahun 1992 dengan mengusung penggerak 4 roda alias 4x4.
Dengan suguhan kaki-kaki yang lebih kuat, Suzuki Vitara ini menjadi incaran off-roader, bahkan sampai sekarang.

Populasi dari Suzuki Vitara pun sudah tergolong langka akibat populasinya tidak sebanyak saudara kembarnya, Escudo dan Sidekick.

BACA JUGA:Suzuki Hustler, Mini SUV Menawan dan Miliki Banyak Keunggulan, Harga Hanya Rp120 Juta!

Sayang, Suzuki menghentikanproduksi Vitara pada 1995.
Kembaran Vitara yang bernama Escudo ini awalnya hadir di tahun 1993 sebagai alternatif.

Mahalnya pajak mobil dengan penggerak 4X4 pada Vitara di Indonesia, membuat Suzuki menghadirkan versi yang lebih terjangkau.

Usungan fitur sendiri, Escudo secara garis besar memang sama dengan Vitara, hanya saja kini menggunakan penggerak dua roda saja, serta ban standar sehingga lebih nyaman dipakai di jalanan umum.


trio suzuki vitara,escudo,sidekick bersinar pada usia senja, mobil ini justru menjadi incaran anak muda dan pecinta offroad--

Rupanya, kehadiran Escudo begitu diminati dan Suzuki tak mau berhenti dengan terus menghadirkan versi paling murahnya, Sidekick di tahun 1995.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Iritnya Kebangetan, 1 Liter Bahan Bakar Bisa Menempuh Perjalanan 26,67 Km

Suzuki Sidekick merupakan kasta terendah dari ketiga mobil, sistem penggeraknya sama seperti Escudo

Perbedaan yang dapat dilihat sekilas dari eksterior merupakan adanya stiker 4 warna pada kedua sisi mobil ini.

Suzuki Sidekick ini ditujukan bagi pecinta Escudo namun mempunyai budget yang rendah.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Anti Banjir dan Performa Tangguh, Genangan Air Langsung Terobos
Dikarenakan untuk memotong harga jual, Sidekick hanya membawa kelengkapan kelas ekonomis saja yang sederhana dan minim fitur serta absennya doortrim.

Sepeninggalan Vitara yang lebih dahulu pensiun, Escudo dan Sidekick terus bertahan dan akhirnya dijual di Indonesia hingga tahun 2001.

Harga bekasnya dipasaran cukup stabil pada ketinggian, bahkan cenderung naik. Kisarannya Rp 50 jutaan keatas, tergantung tipe dan tahun. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: