Workshop UBD Palembang, Ungkap Tools AI mampu Permudah Penelitian?

Workshop UBD Palembang, Ungkap Tools AI mampu Permudah Penelitian?

Kegiatan workshop yang bertemakan Mencari Ide Penelitian dan Research Gap menggunakan Tools AI.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Universitas Bina Darma (UBD) Palembang bersama Data Science Research Group merupakan salah satu Grup Riset di Universitas Bina Darma yang dikoordinir oleh Dr. Edi Surya Negara, M.Kom mengadakan Workshop Perdana pada 23 Agustus 2023 di Smart Class lantai 6 Gedung Bochari Rachman 1.

"Kegiatan workshop yang bertemakan Mencari Ide Penelitian dan Research Gap menggunakan Tools AI merupakan salah satu upaya menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan di masyarakat dan industri," jelas Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom. selaku Manajer Inovasi dan Kekayaan Intelektual Universitas Bina Darma.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh 42 Dosen dan Mahasiswa Universitas Bina Darma serta Umum.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara hibrida, yang mana peserta bergabung secara offline di Smart Class dan online melalui Zoom Meeting" jelas Kanero Juniar selaku Ketua Grup Riset Mahasiswa Data Science.

BACA JUGA:Terbesar Nomor 4 Penghasil Beras di Indonesia, Kapolda Sumsel Kagum dengan Banyuasin

Pada workshop ini, dijelaskan bahwa Tools AI dapat membantu dalam menyaring serta menentukan ide penelitian bahkan dapat memberikan informasi Research Gap sebagai acuan pelaksanaan penelitian.

"Workshop ini juga bertujuan untuk membangun atmosfer Data Science Research Group sehingga dapat menjadi motivasi bagi Research Group lain yang ada di Universitas Bina Darma," ujar Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. selaku Wakil Rektor Universitas Bina Darma bidang Riset, Inovasi, dan Teknologi.

Beberapa tools AI yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Research Gap yaitu Open Knowledge Maps, Connected Papers, Elicit ataupun Open AI.

"Tools AI ini harus digunakan secara bijak dan cerdas sehingga apa yang disimpulkan Tools AI tersebut tetap disesuaikan dengan data yang sebenarnya sebagai acuan Ide Penelitian," tutup Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. sebagai Pembicara pada Workshop ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: