Inilah Para Leluhur Pelindung Suku Dayak, No 3 Penyebar Maut

Inilah Para Leluhur Pelindung Suku Dayak, No 3 Penyebar Maut

Ilustrasi--

SUMEKS.CO -  Inilah 4 panglima Suku Dayak yang paling ditakuti. Sosok panglima ini disebut-sebut sebagai pelindung keturunan suku dayak. Mereka akan muncul jika kondisi suku dayak kritis saat terjadi peperangan.

Para panglima ini tidak bisa ditemui setiap saat. Keberadaanya sangat misteri. Ada yang menyebut sosok panglima ini tinggal di hutan-hutan pedalaman Kalimantan.


panglima kumbang sosok pelindung suku dayak dia akan muncul jika suku dayak terancam keberadaanya tak diketahui dia akan muncul tiba-tiba--

Saat bahaya mengancam anak keturunanya sosok panglima penjaga ini akan muncul secara tiba-tiba. Namun ada pula yang menyebut panglima ini adalah roh para leluhur yang bersemayam di hutan-hutan pedalaman Kalimantan.

Jika terjadi peperangan atau ada ancaman, maka roh ini akan merasuk ke tubuh prajurit  suku Dayak. Prajurit yang dirasuki roh pamglima ini akan bergerak tanpa sadar. Mendadak mereka menjadi sakti.

Mandau-mandau mereka akan bergerak sendiri mengejar dan menghabisi musuh-musuhnya.  Ini pernah terjadi saat kerusuhan Sampit beberapa tahun lalu.

BACA JUGA:Hot News, Protes IKN Picu Perang Saudara Sesama Suku Dayak

Siapa 4 sosok panglima pelindung suku dayak. Dikutif dari akun@Rachmad Maulana, berikut ulasannya:   

1.Panglima Burung

Keberadaanya masih misterius, terkait namanya panglima burung adalah jelmaan burung  enggang salah satu satwa asli kalimantan. Saat terjadi kerusuhan sampit, Panglima burung muncul dan tampil sebagai komandoi tertinggi dan ketua orang dayak.

Panglima Burung tinggal di pedalaman hutan. Sosok ini baru turun ketika suku dayat terancam. Namun ada juga yang menyebut Panglima Burung berbaur dengan masyarakat, namun karena kesaktiannya orang tak bisa mengenalinya.

Dia bisa berubah menjadi laki-laki dan perempuan.  Tempat tinggalnya masih misterius. Sebetulnya Panglima Burung tokoh adat suku dayak sudah meninggal. Namun dia bisa berkomunikasi dengan keturunannya Suku Dayak.

BACA JUGA:NAH LHO! Disidang Adat, Pesulap Merah Kekeuh Merasa Tak Sudutkan Suku Dayak, Hingga Dibentak Dewan Adat

Panglima Burung terkenal sakti, kebal senjata tajam dan senjata api. Panglima burung dikenal sebagai sosok kalem, penyabar dan tak pernah membuat keonaran.

Lain perkara jika kesabarannya sudah habis, dia akan menyebar maut.

2.Panglima Kumbang

Dikenal sebagai sosok pecinta damai. Sosok ini akan muncul untuk menyelesaikan konflik antar suku. Dia mampu mentransper kesaktiannya menjadikan prajuritnya kebal senjata dan api.

Saat terjadi kerusuhan, Panglima Kumbang tampil sebagai perintis awal. Jika Panglima Kumbang  gagal dan belum berhasil menyelesaikan konflik, barulah Panglima Burung datangkan.

Sesungguhnya panglima kumbang diberikan julukan pada orang tertentu, hanya orang sakti dengan pamor mentereng bisa menjelma jadi panglima Kumbang.

BACA JUGA:Hot News, Protes IKN Picu Perang Saudara Sesama Suku Dayak

Panglima Kumbang memiliki cara berbeda meLindungi suku dayak. Dia dapat menanamkan kekebalan ke anggotanya dari senjata tajam.

Sosok ini lebih banyak melibatkan aksi massa dan pertikaian serta konflik suku. Tugasnya kesana kemari.  jangan cari gara-gara, jika terjadi sesuatu Panglima Burung akan turun

3. Panglima Api

Menurut cerita, Panglima Api berasal dari suku Dayak ipan. Dia akan kelua ketika pasukan terdesak. Jika dia muncul semua musuh akan tewas akibat jilatan api yang dikeluarkannya


panglima api sosok pelindung suku dayak dia akan muncul jika suku dayak terancam. sosok ini penyebar maut jika dia muncul semua musuh musnah terbakar--

Panglima Api mampu melindungi pasukannya. Panglima ini muncul jika kondisi perang dan pasukannya dalam keadaan terdesak. Jika panglima ini turun, semua musuh dipastikan mati oleh panasnya api kesaktiannya.

BACA JUGA:Info Terkini, Dianggap Angkat Derajat Suku Dayak, Ida Dayak Disambut Bak Pahlawan Saat Pulang Kampung

Panglima Api sangat misterius, dia jarang menampakkan diri. Ya itu tadi, jika dia muncul dipastikan bakal banyak korban berjatuhan. Karenanya jika kondisi tidak benar-benar genting sosok ini tidak akan muncul.

4. Panglima Sumpit

Panglima ini selalu melengkapi dirinya dengan sumpit khusus orang dayak.


panglima sumpit sosok pelindung suku dayak dia akan muncul jika suku dayak terancam--

Sumpit ini tidak dijual di pasaran. Sumpit ini bagian depannya terpasang mata tombak. Jadi senjata ini bisa berfungsi sebagai tombak atau senjata tiup.

Saat terjadi pertempuran dengan penjajah Belanda senjata ini dipakai melawan senjata api Belanda. Ujung pana sumpit diberi racun mematikan. Hitungan korban  akan mati dalam 30 detik hingga 30 menit. Karena begitu mematikan racun ini pantang digunakan untuk manusia. Hanya boleh dipakai untuk berburu hewan.

Sosok panglima ini akan muncul jika kondisi Suku Dayak terdesak. Keberadaanyapun masih misteri, mereka tinggal di hutan pedalaman Kalimantan. *

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: