Mahasiswa UIN Harus Melek Digital

Mahasiswa UIN Harus Melek Digital

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kemajuan teknologi yang semakin baik menjelma bumerang. Mendorong anak muda untuk lebih kreatif sekaligus berpotensi membahayakan diri sendiri. 

Oleh karena itu, ini bukan hanya tentang bisa mengakses dan menggunakan media digital, tetapi juga mampu memanfaatkan internet dengan sikap yang bijak.

Hal ini diungkapkan oleh Trainer Google News Initiatif, Nila Ertina yang juga sebagai narasumber dalam acara Pendampingan Mahasiswa Melek Digital, di Auditorium Fakultas Ilmu dan Sosial Politik (FISIP) UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu 19 Agustus 2023.

Iya juga mengajak mahasiswa UIN Raden Fatah untuk terus aktif dalam literasi digital. Karena mahasiswa harus mampu menguasai prinsip dasar teknologi. Sehingga sebagai mahasiswa tidak termakan berita hoax.

BACA JUGA:Ruang Terbatas, Kecantikan Tak Terbatas, Berikut 5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Setiap Sudut Rungan

"Ketika berbicara informasi pasti ada gangguan informasi namanya hoax. Maka dari itu mahasiswa harus bisa menangkal gangguan informasi, seperti disinformasi, misinformas dan malinformasi," terangnya kepada peserta Melek Digital.

Nila juga mengungkapkan, bahwa berdasarkan survei yang dilakukan APJII selama periode 10-27 Januari 2023 di 38 provinsi di Indonesia, penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 78,19 persen atau sebanyak 215 juta jiwa dari total populasi sebanyak 275 juta jiwa.

Sedangkan di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk penetrasi internet masih tergolong dibawah, yaitu masuk peringkat 8 di Indonesia.

Yang mana 70 persen masyarakat sudah mengakses internet dan 30 persen belum terlalu mengakses internet.

BACA JUGA:Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Ibu-Ibu di Lorong Mufakat Palembang Ini Lomba Tangkap Belut

"Tapi untuk keseluruhan dari tahun 2019 sampai 2023 Indonesia ada peningkatan penetrasi internet. Dan 100 persen pengguna internet adalah mahasiswa," ungkap Nila.

Sementara itu, menurut Ibrahim Arsyad dari Asosiasi Media Siber Indonesia yang juga sebagai narasumber.

Melek digital adalah salah satu aksi nyata para pemuda Indonesia dalam aksi bela negara untuk mencerdaskan rakyat Indonesia agar tidak mudah dibodohi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: