Bripka Rudi Purwanto, Satu-satunya Personel Polda Sumsel Tampil Tari Zapin Rodat di Istana Presiden

Bripka Rudi Purwanto, Satu-satunya Personel Polda Sumsel Tampil Tari Zapin Rodat di Istana Presiden

Bripka Rudi Purwanto SH usai tampil membawakan tari Zapin Rodat pada pelaksanaan upacara penurunan bendera di Istana Negara. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Luar biasa dan membanggakan para penari asal Sumsel yang unjuk kebolehan di Istana Negara pada momen HUT ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023 kemarin.

Sebanyak 105 penari membawakan tari Zapin Rodat pada pelaksanaan upacara penurunan bendera di Istana Negara salah satu acara yang ditunggu.

Salah satu persertanya adalah Bripka Rudi Purwanto SH yang merupakan anggota Subbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Bid Humas Polda Sumsel.

Bintara Polda Sumsel ini berkesempatan tampil di Istana Kepresidenan, dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis 17 Agustus 2023.

BACA JUGA:Luar Biasa! 2 Penari Asal Ogan Ilir Tampil di Istana Presiden, Sajikan Tari Zapin Rodat

Bersama penari lainnya, Rudi ikut membawakan tarian Zapin Rodat yang merupakan tari tradisi yang sudah dikreasikan bersama ratusan penari lainnya dari Tim Kesenian Sumsel. 

"Senang dan bangga bercampur haru sudah memberikan yang terbaik dari Polda Sumsel ke Istana Presiden," ujar AKBP Yenni Diarty SIK, Kasubbid Penmas Polda Sumsel, Jumat 18 Agustus 2023.

Menurut Rudi, dia bersama penari dan tim telah mempersiapkan diri sejak sebulan terakhir. Dan tim dari Istana Kepresidenan sudah melakukan kurasi atau penilaian sebelumnya.

“Untuk menari pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ini merupakan kali pertama dan tentunya sangat membanggakan Provinsi Sumsel salah satu dari lima daerah yang terpilih untuk tampil,” terang Rudi.

BACA JUGA:100 Penari akan Bawakan Tari Zapin Rodat Palembang di Istana Negara 17 Agustus 2023

Audisi para penari dilakukan awal Juli yang berasal dari berbagai latar belakang. Ada pelajar, mahasiswa dan umum serta anggota Polri yakni dari Polda Sumsel.

“Sejak 18 Juli 2023 mulai persiapan dan latihan terhitung 22 Juli. Dan saya perwakilan dari 17 penari dari Sanggar Cempako pimpinan ibu Gubernur Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru,” tambah Rudi. 

Untuk diketahui, Tari Zapin Rodat adalah salah satu tari kreasi baru yang berasal dari gabungan antara kombinasi Zapin Melayu dan Rodat Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: