Mirip Struktur Gambut, Hari Ini Pemadaman Api di Gunung TPA Sukawinatan Dibantu Water Bombing

Mirip Struktur Gambut, Hari Ini Pemadaman Api di Gunung TPA Sukawinatan Dibantu Water Bombing

Gubernur Sumsel dan Wali Kota Palembang meninjau langsung lokasi TPA Sukawinatan. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Hingga Senin 14 Agustus 2023 malam api masih menjalar di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sukawinatan, Kecamatan Sukarami Palembang.

Dan rencananya pagi ini pemadaman akan dilakukan dari atas lahan helikopter water bombing untuk membantu memadamkan kobaran api yang menjalar di atas gunung sampah tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPA Sukawinatan, yakni Zaidan, menjelaskan, kejadian terbakar lahan TPA terjadi sejak Jumat 11 Agustus 2023 lalu.

“Awalnya bisa diatasi hingga Sabtu. Namun titik api kembali muncul pada malam Senin dan membesar,” ujar Zaidan dikutip dari sumateraekspres.id.

BACA JUGA:Polda Sumsel Bagikan 77 Paket Sembako di TPA Sukawinatan

Titik api ini muncul terlebih saat ini karena cuaca yang sangat ekstrem. Diduga kuat cuaca yang sangat panas juga menjadi penyebab titik api muncul. 

“Upaya pemadaman terutama di bagian atas gunung sampah. Namun, struktur sampah ini mirip seperti gambut. Meskipun api di bagian atas sudah padam, ternyata di bagian bawah masih tetap membara,” bebenya.

Pihak UPTD telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjinakkan api di lokasi tersebut.

Senin malam Wali Kota datang untuk melihat langsung situasi dan mencari solusi. Disusul Gubernur Sumsel juga tampak di lokasi untuk melihat langsung.

BACA JUGA:Kondisi Terakhir, 23 Titik Api Karhutla Menyebar Masif di Kabupaten Banyuasin

Sesuai instruksi dari Gubernur dan Wali Kota, pada hari ini tim waterboom akan melakukan pemadaman pada bagian atas gunung sampah.

Sementara untuk bagian bawah, upaya pemadaman dilakukan oleh pasukan pemadam kebakaran dari kota Palembang.

“Insyaallah, pada hari Selasa (hari ini), situasi dapat segera terkendali,” tutup Zaidan. (Iol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: