Sirkuit Mini Praktik SIM C Polrestabes Palembang Permudah Calon Pemohon

Sirkuit Mini Praktik SIM C Polrestabes Palembang Permudah Calon Pemohon

Ujian praktik SIM C Satlantas Polrestabes Palembang. Foto: Deny/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sirkuit mini ujian praktik pembuatan SIM C Satlantas Polrestabes Palembang resmi digunakan Kamis 10 Agustus 2023. 

Direktur Ditlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama mengatakan, ada beberapa item yang harus diperhatikan. 

"Kita harus menguasai teknik mengemudikan kendaraan yang berkeselamatan, bagaimana pengereman berkeselamatan, dan beberapa rambu yang harus dipatuhi sehingga SIM ini adalah bagian dari pada kompetensi," ujar Pratama. 

Lanjut Pratama, kompetensi pada saat kegiatan berlalu lintas di jalan, tentunya akan berkeselamatan untuk pengemudi sendiri atau orang lain. 

BACA JUGA:Ujian Praktik SIM C di Polrestabes Palembang Sekarang Tak Rumit, Pakai Huruf S Bukan Angka 8 Lagi

"Arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan sudah ditindaklanjuti Kakorlantas yang mengeluarkan surat keputusan satu minggu lalu, sehingga wilayah Polda Sumsel serta jajaran mulai saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan uji praktik roda dua dari yang lama berbentuk angka 8 menjadi sirkuit mini berbentuk S," ungkap  Pratama. 

Sirkuit ini dilengkapi dengan rambu-rambu yang asumsinya sama dengan di jalan pada umumnya. 

"Kita harapkan masyarakat yang sudah mendapat sertifikasi kelulusan akan mahir berlalu lintas yang berkeselamatan di jalan. Pelaksanaan ujian praktik ini dilakukan dari hari ini dan seterusnya, tentunya tidak akan mempersulit pemohon SIM," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono menambahkan, launching sirkuit mini dan dicoba langsung untuk mempraktikan ujian SIM roda dua. 

BACA JUGA:Pelayanan Pembuatan SIM Polrestabes Palembang Dihentikan Sementara, Ada Apa?

"Tentunya sirkuit mini ini akan mempermudah dari pemohon SIM C ke depan, sehingga ujian praktik yang dahulu angka 8 dan zig zag tidak berlaku lagi. Kita juga sudah melakukan survei dan kajian bentuk sirkuit mini, sehingga akan lebih meringankan kemampuan dari pada calon pemohon SIM sehingga ujian praktik dapat dilalui dengan baik, yang juga sudah dikaji sesuai di jalan raya umumnya," tegas Harryo. 

Salah seorang pemohon SIM C ditemui usai mengikuti ujian praktik di sirkuit mini yang baru, Veron (28) mengatakan, ujian praktik jadi lebih mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: