Gerakan Pramuka Kwarcab Muara Enim Gelar Perlombaan Scout Serasan Competation V

Gerakan Pramuka Kwarcab Muara Enim Gelar Perlombaan Scout Serasan Competation V

LOMBA : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Muara Enim menggelar Perlombaan Scout Serasan Competation V di GOR Pancasila Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun 2023 ratusan pramuka adu skill, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Muara Enim menggelar Perlombaan Scout Serasan Competation V di GOR Pancasila Muara Enim, Rabu 9 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Sekretaris Dispora Muara Enim Deni Pedrian dan dihadiri Para Wakil Ketua, Sekretaris dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim, Kepala Sekolah, Pembina serta ratusan peserta Scout Serasan Competation V Tahun 2023.

Dalam kata sambutannya, Deni mengatakan bahwa sebagaimana amanat Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. 

Kemudian kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah salah satu kalimat singkat yang bias menggambarkan amanat Undang-undang gerakan pramuka tersebut.

BACA JUGA:Sambut HUT ke-78 Kemenkumham, Kakanwil Kemenkumham Babel Pimpin Upacara Tabur Bunga

Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia. 

Melalui kegiatan Perlombaan Scout Serasan Competation V yang bertepatan dengan Hari Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun 2023 ini, lanjut Deni, disamping merupakan program kerja Kwartir Cabang Muara Enim, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak ada perlakuan yang berbeda diantara Penegak, Penggalang dan Siaga yang tersebar di Kabupaten Muara Enim.

Hal ini perlu terus dijaga dan dipelihara mengingat dengan adanya kebersamaan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Kwarcab tentunya akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Gerakan Pramuka yang ada di Kabupaten Muara Enim. 

Masih dikatakan Deni, adapun peserta Scout Serasan Competation V adalah angota Pramuka yang Aktif di Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah dalam wilayah Kabupaten Muara Enim yang terdiri dari Tingkat Siaga (SD, MI) Sederajat Putra sebanyak  25 Barung, Putri  23 Barung dengan total jumlah  48 Barung.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Bangun Jalan Pelosok, Pangkas Jarak Tempuh Hingga Puluhan Kilometer

Tingkat Penggalang (SMP, MTs) sederajat Putra 19 Regu, Putri 19 Regu total jumlah 38 Regu. Sedangkan Tingkat Penegak (SMA, SMK, MA) sederajat Putra 18 sangga, Putri 18 Sangga Jumlah total 36 Sangga.

Untuk total keseluruhan sebanyak 122 Tim. Kegiatan Perlombaan Kegiatan Scout Serasan Competition V terdiri dari 3 tangkai Perlombaan yakni Lomba Sandi, Morse dan Semapore. Kemudian lomba Pionering Kreasi dan Lomba Gerak Jalan Pramuka.

"Kakak ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang secara konsisten mengabdikan dirinya bagi perkembangan generasi muda serta seluruh panitia yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan lomba Scout Serasan Competation V. Dan kepada para peserta selamat mengikuti perlombaan dan berlombalah dengan penuh semangat," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: