Polda Sumsel Bongkar Bisnis Gas Elpiji Oplosan, Dijual ke Mini Market di Kabupaten PALI dan Muara Enim

Polda Sumsel Bongkar Bisnis Gas Elpiji Oplosan, Dijual ke Mini Market di Kabupaten PALI dan Muara Enim

Wadir Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu menjelaskan modus tersangka SW yang mengoplos tabung gas elpiji 12 kilogram dari gas elpiji subsidi. Foto-foto: edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Aparat Unit 4 Subdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel membongkar gudang penyimpanan yang dipakai untuk pengoplosan tabung gas elpiji.

Petugas mendatangi gudang bisnis elpiji oplosan yang berada di Dusun I, Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim itu setelah menerima laporan warga.

Diamankan seorang pelaku bernama Slamet Widodo alias SW (42) dan barang bukti ratusan tabung gas elpiji yang sudah dioplos pada Senin 24 Juli 2023 lalu.

“Pelaku mengaku bahwa ia bukan merupakan agen pangkalan dan  tidak memiliki izin dalam hal pengangkutan, penyimpanan, dan niaga serta pengolahan atau pengoplosan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram,” kata Wadir Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, didampingi Kasubdit 1 AKBP Bagus Surya Wibowo SIK, Rabu 9 Agustus 2023.

BACA JUGA:Ditreskrimsus Polda Sumsel Bongkar Gudang Penyimpanan Gas Elpiji Oplosan di Muara Enim

Dia mengatakan, pelaku sudah menjalankan usaha penyimpanan, pengangkutan dan niaga gas selama dua tahun.

“Namun untuk kegiatan pengoplosan tabung gas elpiji dan bersubsidi ke 12 kilogram sudah berjalan selama satu bulan," ujar AKBP Putu Yudha.

Terangka SW menjualkan kembali gas elipiji 12 kilogram ke mini market Indomaret dan toko-toko di kawasan Kabupaten Pali dan Muara Enim tanpa izin.

“Dia jualkan lagi dan ukurannya berkurang. Inilah yang menjadikan laporan warga,” terang Putu.

BACA JUGA:Kapolda Sumatera Selatan Cek Langsung Gudang Solar Oplosan di Ogan Ilir

Pelaku juga mengaku gas elpiji bersubsidi pemerintah tersebut ia dapatkan dari pangkalan H Mawawi di Kelurahan Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali dan dari Agen PT Khrisma Usaha Minyak Mandiri.

“Untuk mengoplos 1 tabung gas elpiji 12 kilogram, pelaku membutuhkan 4 tabung gas elpiji 3 kilogram,” tambah Putu. 

Lalu, es batu sebagai media untuk mendinginkan suhu yang bertujuan untuk menambah daya turun gas, rubber seal, seal cap, dan yang terpenting adalah alat penyuntik (transfer) gas dan timbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: