Peran Penting Guru PAI Sebagai Penggerak Moderasi Beragama

Peran Penting Guru PAI Sebagai Penggerak Moderasi Beragama

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim, H Hasanudin. --

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muara Enim memberikan pembinaan kepada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Balai An Nazkir Kemenag Muara Enim, Senin 7 Agustus 2023.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim, H Hasanudin mengajak kepada para guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk memiliki sikap toleran

Kegiatan pembinaan tersebut, Hasanudin membahas tentang isu pentingnya mengenai gerakan moderasi beragama yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

PAI mempunyai peranan penting dalam mensukseskan gerakan moderasi beragama yang dijalankan oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA:Ujian Praktik SIM C di Polrestabes Palembang Sekarang Tak Rumit, Pakai Huruf S Bukan Angka 8 Lagi

"Kami mengajak para guru untuk mengimplementasikan pendidikan agama yang sesuai dengan konteks moderasi beragama yang diadvokasi oleh pemerintah," ungkap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim, H Hasanudin, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Selasa 8 Agustus 2023.

Dimana hal ini, tidak berarti mengubah isi agama, melainkan mengajarkan cara pandang yang lebih inklusif dan toleran.

“Hal yang perlu kita pahami adalah bahwa agama yang tertuang dalam Alquran dan sunnah sudah menjadi ketetapan sebagai umat Islam," ujarnya.

Namun, perlu memiliki cara pandang yang bijak dalam menyikapi cara beragam dalam menjalankan ajaran agama. 

BACA JUGA:5 Peserta Tes Calon Anggota Komisioner KPU Sumsel Tidak Lulus, Apa Penyebabnya

Gerakan moderasi beragama ini tidak bermaksud merubah isi agama, melainkan, mengajarkan cara beragama yang penuh rasa kasih sayang dan toleransi.

Dalam rangka mendukung implementasi moderasi beragama, Hasanudin mengajak para guru pendidikan agama islam untuk memahami dengan baik nilai-nilai moderasi beragama dan menyampaikannya dengan tepat kepada para siswa.

“Pembinaan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang memiliki sikap toleran, menghormati perbedaan, dan memahami esensi agama sebagai pedoman kehidupan yang damai dan harmonis,” pesanny. (*) 

Berita ini telah tayang di enimekspres.bacakoran.co dengan judul Guru PAI Berperan Penting Sukseskan Gerakan Moderasi Beragama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: