Layanan Pembuatan Paspor Akan Hadir di Mall

Layanan Pembuatan Paspor Akan Hadir di Mall

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Masyarakat di Sumatera Selatan khususnya Palembang kini tidak perlu repot ke Kantor Imigrasi, karena layanan pembuatan paspor akan dibuka di Palembang Indah Mall. 

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Dr. Ilham Djaya. 

"Guna mendekatkan layanan ke masyarakat, kami akan membuka layanan paspor di Palembang Indah Mall, yaitu tanggal 4-6 Agustus 2023. Kami hadirkan layanan di hari libur dengan harapan masyarakat yang berhalangan di hari kerja bisa mendapat kesempatan untuk mengurus paspor," ujar Ilham. 

Kegiatan yang bertajuk "Layanan Paspor Merdeka" ini termasuk dalam salah satu rangkaian Expo Pelayanan Publik Kanwil Kemenkumham Sumsel yang digelar selama 3 hari berturut-turut di salah satu mall kota Palembang. 

BACA JUGA:Satuan Samapta Polres Muara Enim Patroli Antisipasi Balap Liar dan Tawuran Remaja

Adapun layanan pembuatan paspor yang disediakan meliputi pemohonan paspor baru dan penggantian habis masa berlaku.

"Pelayanan akan berlangsung pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Mengenai kuota dan teknis antriannya, akan kami informasikan lebih lanjut di kanal media sosial kami," lanjut Ilham.

Bagi pemohon paspor baru wajib membawa EKTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah sekolah atau buku nikah. Sedangkan untuk penggantian paspor cukup membawa EKTP dan paspor lama.

Di lokasi, proses akan dilanjutkan dengan verifikasi berkas persyaratan, pengambilan data biometrik berupa foto wajah dan sidik jari serta tahap wawancara.

BACA JUGA:Begal yang Tembakan Senpi dan Rampas Uang Rp25 Juta di Jalan Poros Mesuji OKI Ditangkap

Layanan Paspor Merdeka digelar secara serentak oleh 126 Kantor Imigrasi seluruh Indonesia. Layanan ini menjadi bagian dari Expo Pelayanan Publik Kanwil Kemenkumham Sumsel sebagai rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM ke-78 tahun.

Selain pembuatan paspor, Expo Pelayanan Publik Kemenkumham Sumsel juga membuka layanan mengenai konsultasi hukum dan HAM, pendaftaran perseroan perorangan, pendaftaran kekayaan intelektual, dan layanan informasi seputar pemasyarakatan.

"Akan ada juga talkshow, hiburan, pameran produk UMKM, serta pameran hasil kreativitas Warga Binaan Pemasyarakatan se-Sumatera Selatan yang sangat luar biasa, seperti kopiah, tas, songket dan masih banyak lagi," tutup Ilham.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: