BNPT dan FKPT Gorontalo Gelar Kampus Rakyat Terpilih Indonesia

BNPT dan FKPT Gorontalo Gelar Kampus Rakyat Terpilih Indonesia

--

GORONTALO, SUMEKS.CO - Direktur Pencegahan BNPT yang diwakili Auditor Muda BNPT, Mohammad Nuhwana Saputra mengatakan Kampus Rakyat Terpilih Indonesia (KARAKTER ID) merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya BNPT dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme dan terorisme melalui workshop podcast. 

“Tujuan Kampus Rakyat Terpilih Indonesia (KARAKTER ID) adalah menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mencegah paham radikalisme terorisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa. Melalui kegiatan itu diharapkan seluruh generasi muda bisa meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari pengaruh ajakan kelompok radikal terorisme,” ungkap Inuh di kegiatan KARAKTER ID di hotel Grand Q kota Gorontalo, Rabu 2 Agustus 2023.

Inuh menambahkan, Saat ini, penyebaran paham radikal di kalangan pemuda dan pelajar terus digencarkan oleh kelompok radikal terorisme, terutama melalui media sosial. Inilah yang harus kita waspadai bersama. 

“Karena bagi kelompok radikal terorisme, pemuda dan pelajar adalah target utama penyebaran paham dan perekrutannya. Karena di samping kondisinya yang dianggap masih “labil” dapat dijadikan regenerasi yang menjanjikan untuk terus beroperasinya gerakan kelompok radikal terorisme,” tambahnya.

BACA JUGA:Tepati Janji, Alumni Al Zaytun Pamit dan Take Down Video Pasca Panji Gumilang Tersangka

Di tempat yang sama, podcaster “Do You See What I See”, Rizky Ardi Nugroho atau Mizter Popo mengatakan ini adalah cara cepat dan tepat menggandeng anak muda di FKPT Gorontalo dalam rangka meningkatkan daya tangkal masyarakat, khususnya generasi muda untuk menolak ajakan kekerasan, radikalisme dan terorisme.

Oleh karena itu Kegiatan Karakter ID “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” dalam pencegahan paham radikal terorisme merupakan usaha bersama untuk mewaspadai radikalisme sebagai bagian dari upaya-upaya pencegahan terorisme, dalam rangka merawat perdamaian, toleransi dan kebhinekaan Indonesia.

“Pendekatan lunak ini adalah cara cepat dan tepat dalam rangka meningkatkan daya tangkal pada generasi muda dapat menolak ajakan kekerasan yang diinisiasi kelompok radikal terorisme. Oleh karena itu Kegiatan Karakter ID “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” dalam pencegahan paham radikal terorisme merupakan usaha bersama untuk mewaspadai radikalisme sebagai bagian dari upaya-upaya pencegahan terorisme, dalam rangka merawat perdamaian, toleransi dan kebhinekaan Indonesia,” ungkap Mizter Popo.

Sementara itu, ketua FKPT Gorontalo Prof. Karmila Mahmud dalam sambutannya mengatakan FKPT Gorontalo tetap meyakini bahwa anak-anak muda di Gorontalo mampu mempertahankan dirinya sebagai anak muda yang cerdas dan tegas di tengah pendangkalan rasa empatik dan perlawanan terhadap sikap-sikap pragmatis, anak muda Gorontalo haruslah menjadi insan-insan yang inspiratif untuk bangsanya menjaga sikap nasionalis untuk bangsanya.

BACA JUGA:Tepati Janji, Alumni Al Zaytun Pamit dan Take Down Video Pasca Panji Gumilang Tersangka

“Kami tetap meyakini bahwa anak-anak muda di Gorontalo mampu mempertahankan dirinya sebagai anak muda yang cerdas dan tegas di tengah pendangkalan rasa empatik dan perlawanan terhadap sikap-sikap pragmatis, anak muda Gorontalo haruslah menjadi insan-insan yang inspiratif dan menjaga sikap nasionalis untuk bangsanya,” ungkap Karmila.

Karmila menambahkan BNPT dan FKPT Gorontalo mengadakan Karakter Id ini sebagai metode baru menggalang anak-anak muda untuk berperan aktif dalam rangka pencegahan paham radikalisme dan wadah silaturahmi akhtif antar generasi muda dalam memberikan edukasi positif.

“Karakter Id ini sebagai metode baru menggalang anak-anak muda untuk berperan aktif dalam rangka pencegahan paham radikalisme dan wadah silaturahmi akhtif antar generasi muda dalam memberikan edukasi positif,”ungkap karmila.

Profesor ini melanjutkan saat ini anak muda bukan menjadi penoton, anak muda Gorontalo saatnya berkarya dan bergerak untuk masa depan dan bangsanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: