Stok Darah di Bank Darah Kayuagung Kosong

Stok Darah di Bank Darah Kayuagung Kosong

Sekretaris PMI Kabupaten OKi Sirni Lestari. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Stok darah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengalami peningkatan pada akhir-akhir ini.

Namun, seiring meningkatnya permintaan darah di Kabupaten OKI, stok darah yang ada di Bank Darah Kayuagung mengalami kekosongan.

Dikatakan Sekretaris PMI Kabupaten OKi Sirni Lestari, untuk kekosongan golongan darah ini sebenarnya sudah terjadi seminggu ini. 

"Hari ini, untuk semua stok golongan darah kosong jadi tidak ada satu pun," ujar Sirni, kepada SUMEKS.CO, Selasa 1 Agustus 2023.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Ajak Organisasi Pemuda Pancasila Sinergi Bangun Daerah

Dia menjelaskan, untuk semua golongan darah yaitu A, B, AB dan O tidak ada alias kosong di Bank Darah yang ada di Rumah Sakit Kayuagung.

Akan tetapi, untuk pasien yang membutuhkan darah jangan khawatir, karena ada pendonor tetap atau yang disebut Sahabat Donor.

"Meskipun golongan darah stok nyo kosong tapi kita ada Sahabat Donor yang bisa mendonorkan darahnya bila dibutuhkan. Kita ada kontak personnya," jelas Sirni. 

Ditambahkan Sirni, untuk 1 pasien yang membutuhkan darah bisa 3-4 kantong darah, apabila banyak pasien pasca menjalani operasi, maka, makin banyak pula darah yang dibutuhkan.

BACA JUGA:10 Juta Bendera Merah Putih Akan Dibagikan ke Warga Di Bantaran Sungai Musi

"Untuk pendonor darah tetap saat ini ada sebanyak 200 pendonor dan mereka ini siap bila dibutuhkan," ucap Sirni. 

Untuk golongan darah yang paling banyak dibutuhkan pasien yakni, A, B dan O sedangkan untuk golongan darah AB hanya sedikit. 

"Alhamdulilah lusa nanti bakal ada kegiatan donor darah massal di Lapas Kayuagung, sehingga bisa memenuhi stok Bank Darah yang kosong," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: