Gubernur Sumsel Herman Deru Undang Tim Tari Kolosal IKAWANGI Tampil Di Griya Agung

Gubernur Sumsel Herman Deru Undang Tim Tari Kolosal IKAWANGI Tampil Di Griya Agung

Parade tari pada acara Harla ke-3 IKAWANGI di Jakabaring Convention Center, Minggu, 30 Juli 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Gubernur Sumsel, H Herman Deru berdecak kagum dengan parade tari yang ditampilkan pada hari lahir ke-3 Keluarga Besar Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Sumsel, di Gedung OPI Convention Centre Jakabaring, Minggu 30 Juli 2023.

Herman Deru pun berniat akan mengundang peserta parade tari untuk tampil di Istana Gubernur Sumsel Griya Agung, Palembang.

Parade tari kolosal itu menampilkan beberapa ciri khas daerah mulai dari Tari Gending Sriwijaya, Tari Sorote Lintang, Tari Kipas, Tari Gambyong, Kolosal Jejer Gandrung Kembang Menur dan Tarian Gandrung Kembang Menur.

“Saya apresiasi betul tari kolosal tadi, hebat sekali, Saya minta acaranya tari gandrung ditampilkan di Istana Gubernur,” kata Herman Deru.

BACA JUGA:Herman Deru Terima Penghargaan Rekor MURI, Kemenkes RI Apresiasi Pemprov Sumsel

IKAWANGI lanjut Herman Deru merupakan suatu organisasi kesukuan atau kedaerahan yang terlihat paling meriah.

Menurutnya, IKAWANGI adalah salah satu organisasi yang rukun atau guyub. Dimana terbukti oleh resonansi dilapangan dengan etos dan semangat kerja yang luar biasa. 

“Kalau sudah berusaha pasti maju terus,” ujar Gubernur Sumsel.

Diakui pula oleh Herman Deru, Budaya asing yang saat ini sulit terbendung bahkan sangat cepat, perlu dibentengi dengan menghidupkan kembali kearifan lokal yang tidak kalah dengan budaya luar. 

BACA JUGA:Silaturahmi dengan Warga Gelumbang, Herman Deru Santuni Anak Yatim dan Dhuafa Serta Serahkan Bantuan Ambulance

“Ini adalah pagar budaya, yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita, Sumsel ini kedatangan warga Banyuwangi sejak sebelum merdeka jadi bukan transmigrasi, oleh sebab itu silaturhami makin dipererat menjadikan kita  semakin kuat,” tambahnya 

Karena tidak mungkin membangun daerah sendiri-sendiri, Gubernur Sumsel menjelaskan bahwa untuk memajukan Sumsel ini diperkukan kerukunan dan juga sinergi yang kuat.

"Kekuatan ini kita buat seperti manajemen sapu lidi, ketika itu dikumpulkan maka akan menjadi kekuatan," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua IKAWANGI Sumsel, H. Suroso, S.E, menyampaikan terimakasihnya kepada  Gubernur Herman Deru  yang telah memberikan ruang bagi IKAWANGI  untuk berkembang secara luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: