Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

Menurut Buya Yahya, surat Al-Fatihah sebagai Ummul Kitab memiliki berbagai keutamaan ketika membacanya.--

Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

SUMEKS.CO - Jagat dunia maya dihebohkan dengan pernyataan Syeikh Assim Al-Hakeem, yang menyatakan bahwa membaca Al-Fatihah di dalam majelis adalah bid'ah. 

Namun, pernyataan itu tidak disepakati oleh Buya Yahya. Karena menurut Buya Yahya, surat Al-Fatihah sebagai Ummul Kitab memiliki berbagai keutamaan ketika membacanya. 

Melalui unggahan channel Youtube Al-Bahjah TV, pada dua hari yang lalu, Buya Yahya menanggapi, bahwa para ulama tidak ada yang berbeda pendapat terhadap Al-Fatihah. 

BACA JUGA:Santuy, Sheikh Assim Ingatkan Bid'ah Membaca Al-Fatihah, Bukan Ajaran Islam?

"Kecuali bagi yang tidak paham. Ada hadits Muslim yang meriwayatkannya. Ini ada ustadz yang bilang, dikit-dikit Al-Fatihah kenapa tidak Al-Baqarah, Ali Imran, dan lain-lain," paparnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Buya Yahya mengimbau, sebenarnya orang tersebut tidak semestinya berkata seperti itu. Karena, secara tidak langsung orang tersebut menunjukkan bahwa dirinya bukan orang alim. 


Sheikh Assim Al-Hakeem membuat pernyataan kontroversial bahwa membaca surat Al-Fatihah pada saat pelaksanaan salat itu merupakan bid'ah. --

"Orang alim tidak akan merendahkan orang lain seperti itu. Siapa pun dia, bertanya dulu kenapa orang itu melakukannya," lanjutnya.

Buya Yahya lalu menjelaskan tentang sejarah pembacaan surat Al-Fatihah yang diriwayatkan oleh Muslim. Diceritakan bahwa ada malaikat yang dibukakan Allah langit, sehingga malaikat itu turun ke bumi. 

BACA JUGA:9 Tanda-tanda Orang yang Dijaga Malaikat Pelindung, Semuanya Umum Kita Lakukan

Ketika di bumi, malaikat bertemu dengan Nabi Muhammad SAW dan langsung mengatakan "Hai Muhammad, bergembiralah dengan dua cahaya yang tidak diberikan, kecuali kepadamu. 

"Yaitu surat Al-Baqarah dan surat Al-Fatihah. Kamu akan dikabulkan meskipun hanya membaca satu huruf saja. Ini menunjukkan keutamaan surat Al-Fatihah," jelasnya.

Makanya, ketika berdoa sertakan membaca surat Al-Fatihah supaya doanya dikabulkan. Karena itulah, setelah berdoa disarankan untuk membaca Al-Fatihah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: