Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Karhutla

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Karhutla

Jajaran Polres Muara Enim memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla. -Enim Ekspres-

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Jajaran Polres Muara Enim bersama Polsek terus memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Ini bertujuan menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau

Selain itu kegiatan tersebut juga memberikan pemahaman kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla serta mendorong partisipasi aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasi Humas RTM Situmorang, menjelaskan jajaran Polres Muara Enim terus memberikan himbauan kepada masyarakat secara door to door.

BACA JUGA:Tim PORA Provinsi Sumsel Bahas Kebijakan Keimigrasian dalam Pencegahan TPPO

Alasannya, selain mengingatkan anggota juga membagikan brosur kepada masyarakat secara luas yang berisikan bahaya Karhutla. 

Brosur tersebut, dikatakan Situmorang, berisi informasi tentang bahaya karhutla, cara pencegahan, tindakan saat terjadi kebakaran dan pentingnya peran semua pihak dalam melawan karhutla. 

“Jadi dengan cara ini, diharapkan pesan yang disampaikan dapat tersebar lebih cepat dan efektif,” ujar RTM Situmorang, Kamis 27 Juli 2023.

Dia menegaskan, untuk daerah atau wilayah rawan terjadi karhutla, dilakukan pemasangan spanduk yang berisi pesan-pesan tentang pencegahan karhutla. 

BACA JUGA:Warga Ogan Ilir Ini Ditangkap Kasus Investasi Pembangunan Sekolah Fiktif

"Spanduk ini berfungsi untuk memberikan pengingat kepada masyarakat tentang bahaya karhutla secara konstan dan berkesinambungan," ungkapnya, dikutip enimekspres.bacakoran.co, Jumat 28 Juli 2023.

Lanjutnya, melalui sosialisasi dan pertemuan masyarakat secara langsung berbicara tentang pentingnya pencegahan karhutla.

Dalam pertemuan itu masyarakat dapat berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman terkait upaya pencegahan karhutla di wilayah mereka.

"Semoga kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan, mencegah kebakaran hutan dan lahan serta melindungi keanekaragaman hayati dan sumber daya alam di wilayah Muara Enim lebih aktif,” harapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: