Budayakan Hidup Sehat dan Turunkan Stunting Melalui Penggunaan Air Bersih

Budayakan Hidup Sehat dan Turunkan Stunting Melalui Penggunaan Air Bersih

Kegiatan launching Manunggal Air Bersih serentak di Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI, Selasa 25 Juli 2023.--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah berupaya menurunkan angka stunting di wilayah Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Salah satunya, mengajak masyarakat bersama sama untuk membudayakan hidup sehat melalui penggunaan air bersih

Penggunaan air bersih ini merupakan program TNI AD Manunggal Air tahun 2023. Di launching di Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI, Selasa 25 Juli 2023.

Pelaksanaan kegiatan Manunggal Air Bersih itu dipimpin Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane melalui vidcon serentak dengan Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman. 

BACA JUGA:Banyak Kejanggalan Terungkap Dalam Persidangan, Minta Polisi Usut Tuntas Motif dan Modus Pelaku

"Penggunaan air bersih program TNI ini untuk percepatan penurunan stunting. Khususnya di Kabupaten OKI ini," ujar Dandim. 

Dia mengatakan, kegiatan ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Dr Dudung Abdurachman.

Lanjutnya, kegiatan di lingkungan TNI AD ini dinamakan "Basemah 44" (Bersih sehat dan ramah lingkungan).  

Dimana kegiatan Basemah ini sudah ada sejak 2021. Dan di Kabupaten OKI Besemah 44 Manunggal Air Bersih ada di Desa Cahya Bumi yang telah dibangun pada tahun 2022 pada program TMMD

BACA JUGA:Cek Fakta! Putra Ferdy Sambo, Tribrata Putra Lolos Akpol 2023

"Pada kegiatan ini saya mengajak masyarakat ayo untuk membudayakan hidup sehat. Terutama masyarakat Desa Cahya Bumi ini," ungkapnya. 

Dandim menjelaskan, sumber air bersih dan sanitasi layak adalah kebutuhan dasar manusia.

Salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup adalah memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi.

Maka oleh karena itu, program TMMD tahun lalu di Desa Cahya Bumi ini dibangunnya MCK Besemah yakni sumur dan fasilitasnya yang dimanfaatkan masyarakat Desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: