49 Satuan Pendidikan Vokasi Jalin Kemitraan Dengan Erajaya Group

49 Satuan Pendidikan Vokasi Jalin Kemitraan Dengan Erajaya Group

--

49 Satuan Pendidikan Vokasi Jalin Kemitraan Dengan Erajaya Group

JAKARTA, SUMEKS.CO –  Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi telah menginisiasi kemitraan dengan Erajaya Group untuk berkolaborasi memperkuat sektor industri ritel.

Sebagai bentuk komitmen kedua belah pihak, Erajaya Group sepakat untuk menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan 49 satuan pendidikan vokasi yang tersebar di 14 provinsi di seluruh Indonesia.

 Perlu diketahui fokus kerja sama Erajaya Group dengan satuan pendidikan vokasi yang terdiri atas 45 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 4 perguruan tinggi vokasi (PTV) tersebut adalah pada peningkatan kompetensi peserta didik vokasi untuk siap memasuki industri, khususnya ritel. 

Selain itu kemitraan yang kuat antara satuan pendidikan vokasi dan industri ritel berdampak pada pengembangan program pendidikan vokasi yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan industri,"ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati disela-sela acara Penandatanganan kerjasama di Jakarta, Jumat 21 Juli 2023.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Optimalkan Standar Layanan Mellalui Pembaharuan SOP Administrasi Pemerintah

Ia menambahkan sangat mengapresiasi konsistensi Erajaya Group yang sejak tahun 2020 sudah memulai kerja sama dengan SMK. Kerja sama pertama tersebut dilakukan bersama SMKN 47 Jakarta melalui praktik kerja lapangan/magang yang dilakukan di Store Erafone saat masa pandemi.

“Kolaborasi ini akan memberikan berbagai manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Para siswa akan mendapatkan akses ke pengalaman praktis, pelatihan keterampilan langsung dari para profesional industri, dan pemahaman yang mendalam tentang industri ritel,"sebutnya.

Sementara bagi industri ritel, kolaborasi dengan satuan pendidikan vokasi akan membuka pintu untuk merekrut bakat-bakat muda yang telah mendapatkan persiapan sesuai dengan kebutuhan industri.

Sebagai info bahwa ini meliputi penyelarasan kurikulum, peningkatan kompetensi SDM vokasi, penyediaan guru/dosen tamu, pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, sertifikasi kompetensi, praktik kerja lapangan dan magang, rekrutmen lulusan, serta penelitian terapan (applied joint research). 

BACA JUGA:Kasus Pengeroyokan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Berakhir Damai, Korban Arya: Hilangkan Rasa Dendam

“Saya ucapkan terima kasih kepada Erajaya Group karena sudah menjadi bagian dalam mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Saya yakin ikhtiar kita bersama untuk memajukan Indonesia melalui pendidikan vokasi bisa terwujud,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Human Capital, Legal, dan CSR Erajaya, Jimmy Perangin Angin mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan realisasi atas komitmen Erajaya Group untuk mendorong peningkatan kompetensi yang merata bagi satuan pendidikan vokasi dari berbagai daerah di Indonesia. 

Adapun jurusan-jurusan SMK dan PTV yang bermitra adalah bisnis manajemen, tata boga, dan farmasi yang sesuai dengan sektor bisnis Erajaya Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: