Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane: Penanggulangan Karhutla Prioritas Utama

Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane: Penanggulangan Karhutla Prioritas Utama

Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane. Foto: Niskiah/sumeks.co--

Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane: Penanggulangan Karhutla Prioritas Utama

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas terdapat 18 Kecamatan yang tersebar dan banyak terdapat lahan gambut. Dimana lahan gambut sangat rawan terbakar di musim kemarau. 

Mengenai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sering terjadi di musim kemarau, rupanya menjadi prioritas utama dalam tugasnya dan telah menetapkan program penanggulangannya. 

Hal itu dikatakan Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane yang baru menggantikan Letkol Inf Hendra Saputra SSos MM MIPol, usai pisah sambut, di Ruang Rapat Bende Seguguk II, Pemkab OKI, Jumat 21 Juli 2023.

Dia menjelaskan, bahwa berencana untuk memaksimalkan sub satgas darat, yaitu  termasuk penempatan personel untuk tugas-tugas tersebut. 

BACA JUGA:Titik Hot Spot Karhutla di Kabupaten Muara Enim Menurun 64 Persen

“Mengenai karhutla menjadi prioritas utama kita dan saya sudah memiliki gambaran tentang permasalahan karhutla,” jelasnya. 

Masih kata dia, dalam penanggulangan karhutla menyadari bahwa saat ini sarana dan prasarana yang tersedia masih terbatas. Maka oleh karena itu dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten OKI. 

Termasuk instansi terkait dalam pencegahan dan penanggulangan. Yakni dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, dan berbagai dinas terkait lainnya.

Lanjutnya, apabila semua pihak saling berkoordinasi, maka segala upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dapat berjalan dengan lancar dan bisa diatasi. 

BACA JUGA:Camat Air Kumbang, Banyuasin Khawatir Dua Desa Di Wilayahnya Sering Terjadi Karhutla

"Upaya dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla kepada masyarakat merupakan langkah yang paling efektif. Karena kebakaran hutan sering kali berasal dari kelalaian masyarakat,” jelasnya. 

Dikatakannya, maka oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Yaitu guna mengedukasi mereka tentang bahaya kebakaran hutan dan pentingnya pencegahan.

 Dia menyampaikan, dalam menjalankan tugasnya, bahwa hubungannya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten OKI, sudah sangat baik dan ia bertekad untuk terus menjaganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: